Jumat, 26 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dana Desa, BUMDesa dan Pendamping Keluarga Ceria, Dievaluasi

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 12 November 2021 | 20:05 PM Tag: , , , ,
  Rakorev penyelenggaraan pemerintahan desa di Gorontalo Utara dan pemanfaatan dana desa. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Gorontalo Utara (Gorut) melakukan evaluasi terhadap penyelenggara desa. Rapat koordinasi dan evaluasi (Rakorev) tersebut meliputi pemanfaatan Dana Desa, BUMDesa dan pendamping Keluarga Ceria. 

Informasi yang berhasil dihimpun, Rakorev tersebut menghadirkan Koordinator Tenaga Ahli P3MD (Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) Provinsi Gorontalo. Juga tenaga ahli P3MD Gorontalo dan perwakilan pendamping desa, para camat dan Sekcam. 

Usai membuka kegiatan tersebut, Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu mengatakan bahwa dari pertemuan itu dibahas beberapa hal kaitannya dengan pelaksanaan pembangunan di desa. Yang pertama, soal pemanfaatan Dana Desa. Kemudian yang kedua, soal pemanfaatan dana desa dalam bidang Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). 

“Jadi, bagaimana BUMDesa ini bukan hanya menerima penyertaan modal dari dana desa, tapi benar-benar memberi dampak bagi perkembangan ekonomi dari BUMDesa itu sendiri. Serta memberikan manfaat bagi masyarakat desa. Itu yang paling utama,” ungkapnya. 

Kemudian yang ketiga adalah pembahasan soal pendamping ‘Keluarga Ceria’ yang sudah direkrut untuk 5 Kecamatan. 

“Kenapa ini dilakukan agar terjadi pemahaman persepsi yang sama dari penyelenggara pemerintahan, baik itu pemerintah desa, pendamping dan juga pemerintah kecamatan. Karena mereka akan ditempatkan di kecamatan, bahkan akan adanya klinik, makanya supporting pemerintah kecamatan terhadap program ini menjadi sangat penting, karena memang tugas pendamping pengelola klinik ini juga akan bersinggungan dengan pemerintah kecamatan,” terang Thariq Modanggu. 

Selanjutnya yang keempat adalah sinkronisasi program Ceria dengan program P3MD. 

“Nah, ternyata setelah didiskusikan memang ada hubungan yang sangat erat antara program CERIA dan program SDGs. Ini juga ditegaskan oleh koordinator Provinsi  Gorontalo bahwa antara CERIA dan SDGs itu memiliki hubungan yang sangat erat dan saling mendukung,” tandasnya. 

Adapun 4 poin utama yang disepakati dari Rakorev itu nantinya akan ditindaklanjuti dengan matriks tindak lanjut yang lebih detail lagi. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 14 times, 1 visits today)

Komentar