Kamis, 26 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dana Desa untuk Kesejahteraan Rakyat

Oleh Deice Pomalingo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo Legislatif , pada Minggu, 11 Oktober 2020 | 03:30 WITA Tag: ,
  Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Selvi Mandagi


Hargo.co.id, GORONTALO – Pengelolaan dana desa diharapkan mampu untuk mensejahterahkan masyarakat. Hal ini dikatakan oleh Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Selvi Mandagi.

Dirinya berharap program pemerintah desa dapat memberdayakan masyarakat desa. Dengan demikian, akan terjadi peningkatan kesejahteraan ditingkat masyarakat. Tak hanya itu saja, program-programnya pula harus memiliki atau memberikan dampak positif bagi desa dan masyarakat.

BACA  DPRD Minta Sektor Pariwisata Optimalkan Protokol Kesehatan

“Program pemberdayaan dapat menyentuh usaha ekonomi produktif kalangan masyarakat, baik itu kelompok usaha dibidang pertanian, peternakan, maupun perikanan dan kelautan, sementara untuk kebutuhan infrastruktur dapat memperhatikan sarana penunjang jalan penghubung lintas dusun dan akses lain yang menuju kantong-kantong pertanian,” jelasnya.

BACA  Fadel Muhammad Dukung Hamim-Merlan di Pilkada Bone Bolango

Ditambah pula dana desa dapat diperuntukan pada pengembangan potensi kekayaan alam desa seperti sektor pariwisata. Tujuannya agar bisa mendatangkan pendapatan bagi desa maupun BUMDes sebagai pengelola sektor kepariwisataan. Dalam kebijakan itu, pihak desa diharapkan dapat berkoordinasi dan bersinegri dengan semua stakeholder, terutama unsur BPD, masyarakat setempat dan pemerintah tingkat kecamatan maupun kabupaten.

BACA  Fokus Tangani Covid-19, Gorontalo Tunda Pengadaan Barang dan Jasa

“Tujuannya tidak lain untuk kebijakan ditempuh pemerintah desa tidak mengalami hambatan dan persoalan. Disamping itu, pemerintah desa memperhatikan regulasi atau ketentuan aturan terkait pengelolaan anggaran desa. Ini sangat penting agar menghindari jeratan dan potensi permasalahan hukum dihadapi unsure pemerintah desa,” harap politisi PAN ini.(wie/adv/hg)


Komentar