Sunday, 19 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dana PEN Hanya untuk Dinas PUPR dan Rumah Sakit

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Monday, 13 September 2021 | 02:05 AM Tags: , ,
  Ilustrasi

Hargo.co.id, GORONTALO – Rencana pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diusulkan oleh pemerintah Gorontalo Utara (Gorut) sebesar Rp 200 Miliar, ternyata hanya akan dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Umar Sidiki.

Ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Gorontalo Utara (Gorut), Faisal Piu saat ditemui di kantornya pada Jumat (10/09/2021). Menurutnya, dana sebesar Rp 170 Miliar untuk PUPR dan Rp 300 Miliar sisanya untuk Rumah Sakit.

“Memang kita menyampaikan usulan pinjaman dana PEN tersebut sebesar Rp 200 Miliar, namun dana PEN tersebut hanya akan dikelola oleh Dinas PUPR dan Rumah Sakit,” ungkapnya.

Lanjut katanya, anggaran tersebut nantinya untuk 29 paket pekerjaan yang akan dikelola baik oleh Dinas PUPR maupun Rumah Sakit. 

“Hanya saja kita belum mengetahui dari usulan kegiatan yang disampaikan tersebut apakah akan dipenuhi semuanya atau ada beberapa yang harus dibatalkan dengan berbagai alasan,” kata Faisal.

Pasalnya untuk mengetahui hal tersebut masih menunggu lagi hasil rapat koordinasi evaluasi kesiapan daerah melalui zoom meeting yang waktu pelaksanaannya masih menunggu dari pihak PT. SMI. 

“Yang pasti kami telah memenuhi apa saja yang menjadi persyaratan daerah dalam rangka memperoleh pinjaman tersebut,” tegasnya.

Fasil menegaskan bahwa untuk usulan besaran pinjaman tersebut berdasarkan usulan kebutuhan yang dituangkan dalam bentuk proposal kegiatan. 

“Soal nantinya semua atau ada beberapa yang harus digaris itu persoalan nanti, namun untuk kesiapannya itu semua telah dilakukan dan berharap agar pinjaman dana ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Gorontalo Utart,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar