Jumat, 20 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dana Penanggulangan Covid-19 di Gorut, Tersisa Rp 10 Miliar

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Legislatif , pada Kamis, 2 Juli 2020 | 22:05 Tag: ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Gustam Ismail

Hargo.co.id, GORONTALO – Dana penanggulangan Covid-19 di Gorontalo Utara (Gorut) kini masih tersisa sebesar Rp 10 miliar. Jumlah itu terbilang banyak jika dibandingkan dengan angka yang dianggarkan yakni Rp 14 miliar.

Anggota DPRD Gorut, Gustam Ismail lantas mempertanyakan hal tersebut, apakah masih dibutuhkan atau sudah tidak lagi. Alasannya, banyak program yang membutuhkan dana namun beberapa lalu telah digeser untuk penanganan Covid-19.

“Ingin digunakan atau tidak? Ini cukup banyak, yakni Rp 10 miliar anggaran yang tersisa,” kata Gustam Ismail saat rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Gorut bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) berlangsung.

Lanjut katanya, kurang lebih Rp 14 miliar yang dianggarkan, namun hanya Rp 4 miliar yang terpakai. Makanya, Gustam Ismail menanyakan kepada eksekutif jika ingin menggunakan dana yang tersisa tersebut untuk penanggulangan Covid-19.

Apa yang diutarakan Gustam Ismail bukan tanpa alasan. Pasalnya, dengan kondisi pandemi covid 19 saat ini semuanya serba dibatasi termasuk juga dengan anggaran yang ada.

“Sementara masih banyak kebutuhan masyarakat dan juga kebutuhan pembangunan daerah yang juga harus diperhatikan,” tegasnya.

Seperti halnya anggaran yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Umar Sidiki (ZUS) Rp 5,4 miliar. Sementara yang baru terealisasi Rp 1 miliar lebih.

Pertanyaan lainnya yang disampaikan saat itu oleh Gustam Ismail yakni untuk sisa anggaran yang ada tersebut akan dimanfaatkan untuk apa saja?

“Apa saja yang akan diadakan oleh pihak RSUD ZUS terhadap sisa anggaran yang ada saat ini,” tanya Gustam Ismail.

Sementara itu, masih banyak kebutuhan masyarakat yang terkait dengan pembangunan daerah yang masih tersandra dan ini segera untuk ditindak lanjuti.

“Jika memang anggaran tersebut tidak dibutuhkan lagi, tentu hal ini akan segera disesuaikan dengan kebutuhan yang ada,” tandasnya. (abk/adv/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar