Danrem Support Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo

Danrem 133 Nani Wartabone Kolonel CZI. Arnold AP Ritiauw menyerahkan piala dan bonus kepada peserta lomba yang keluar sebagai juara. (Foto Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Danrem 133 Nani Wartabone Kolonel CZI. Arnold AP Ritiauw siap melestarikan cagar budaya Gorontalo. Pelestarian itu dilakukan melalui lomba tarian Gorontalo pada momen tertentu.

Pernyataan ini disampaikan melalui sambutannya pada Final Lomba Senam Sajojo yang digelar Korem 133 Nani Wartabone dan bekerja sama dengan Pemprov Gorontalo. Kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke 74 TNI ini, dilaksanakan di Taman Budaya Limboto Kabupaten Gorontalo pada Sabtu (02/11/2019).

Peserta Senam Sajojo saat beraksi. (Foto Istimewa)

“Kedepannya saya berharap kita dapat mengadakan lomba tarian Gorontalo yang merupakan cagar budaya asli Gorontalo. Ini merupakan langkah tepat untuk melestarikan budaya Gorontalo,” kata Kolonel CZI. Arnold AP Ritiauw.

Lanjut katanya, selaku Danrem 133 Nani wartabone, menyampaikan terima kasih kepada bupati Gorontalo yang telah berkenan mengizinkan Taman Budaya ini untuk pelaksanaan lomba Final Senam Sajojo dalam rangka memperingati HUT ke 74 TNI.

“Saya berharap Taman Budaya ini bisa jadikan sebagai tempat teater terbuka untuk kegiatan-kegiatan budaya,” kata Danrem 133 Nani Wartabone.

Perhelatan para finalis perwakilan dari masing-masing SKPD dan para siswa-siswa se Provinsi Gorontalo ini. Kolonel CZI. Arnold AP Ritiau menambahkan, kegiatan seperti ini kiranya lebih digalakan kembali dan tidak hanya berhenti sampai di sini.

Peserta Senam Sajojo. (Foto Istimewa)

Adapun yang keluar sebagai juara dalam perlombaan ini diantaranya, Juara I SDN Limboto, Juara II SD Santa Maria, dan juara III SDN Batudaa. Untuk tingkat SMP juara I diraih oleh SMPN I Pohuwato, juara II SMPN 1 Kwandang, dan juara III diraih oleh SMPN 1 Limboto. Untuk tingkat SMA juara I diraih oleh SMAN 1 Pohuwato, juara II SMAN 1 Paguyaman, dan juara III SMK 1 Kota Gorontalo.

Sementara itu untuk tingkat SKPD juara I diraih oleh Dinas Satpol PP Provinsi Gorontalo, juara II Badan Keuangan Daerah Provinsi Gorontalo dan Juara III diraih oleh Dinas PUPR Provinsi Gorontalo. (zul/hg)

-