Minggu, 5 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dari Hobi, Jadi Profesi

Oleh Berita Hargo , dalam Post , pada Kamis, 3 Agustus 2017 | 19:22 WITA Tag: , , ,
  


Jurusan Kecantikan SMKN 2 Gorontalo
Ada yang Sudah Buka Salon, Hingga Make Up Artis

hargo.co.id – Siapa nih Zetizen yang suka banget make up? Yup, zaman sekarang sejak ngetrednya ‘keluar rumah, alis wajib digambar’ membuat perempuan menjadi sangat doyan dan peduli dengan kecantikan. Nah, apakah kamu salah satu yang hobi Make Up?

Nah, ngomongin soal kecantikan, Zetizen tahu nggak kalau SMK Negeri 2 Gorontalo merupakan satu-satunya sekolah kejuruan di Gorontalo yang membuka jurusan kecantikan untuk para peserta didiknya.

Yup, jurusan ini sudah eksis dan dibuka kurang lebih sejak tahun 2009 sampai dengan sekarang.

Awalnya, jurusan kecantikan dibagi menjadi dua yakni ada kecantikan kulit dan juga kecantikan rambut. Namun, karena keterbatasan tenaga pengajar, akhirnya kedua jurusan ini pun disatukan. Sehingga para siswa yang ada pun mendapatkan dua ilmu sekaligus yakni tentang kecantikan kulit sekaligus dengan kecantikan rambut.

BACA  Hasil Penelitian: Covid-19 Bisa Serang 9 Organ Tubuh

Meskipun memiliki keterbatasan tenaga pengajar, jurusan kecantik di SMK 2 ini memiliki fasilitas belajar mengajar yang lengkap lho. Mulai dari peralatan make up sampai dengan alat-alat make up seperti yang ada di salon-salon semuanya ada disana.

Wah, kalau begitu siapa nih yang tertarik untuk sekolah disana? apalagi di sekolah kejuruan tidak hanya dapat teori tapi juga ada praktek.
Yup, bener banget. Setiap tahunnya, siswa kelas XII diwajibkan untuk mengikuti prakerin (Praktek Kerja Industri). Dan Jurusan Kecantikan di SMK 2 sendiri sudah bekerja sama dengan pihak-pihak salon dan produk kosmetik ternama yang ada di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Hal ini terbukti dengan adanya siswa jurusan kecantikan SMKN 2 yang mengikuti prakerin di Sariayu Jakarta dan berkesempatan untuk me-make up artis diacara Televisi lho Zetizen. Seru kan? Nah, untuk kalian yang pengen tahu bagaimana Zetizen di SMKN 2 Gorontalo mengungkapkan pengalaman belajar di jurusan kecantikan, yuk simak beberapa komentar mereka ini. (ZT-08/hargo)

BACA  Hasil Penelitian: Covid-19 Bisa Serang 9 Organ Tubuh

 

Farida Rahim, S.Pd
Ketua Jurusan Kecantikan

Bermanfaat Untuk Diri Sendiri Dan Orang Lain 

Saya berharap, kedepannya lulusan-lulusan dari jurusan kecantikan tidak hanya melanjutkan kuliah ketika sudah lulus. Tetapi juga dapat kuliah sambil bekerja yakni dengan berwirausaha seperti membuka salon atau menyediakan jasa make up agar ilmu yang mereka dapatkan dapat berguna tidak hanya untuk diri mereka sendiri, tapi juga untuk orang lain. Selain itu, saya pun menginginkan agar staf pengajar di jurusan kecantikan ini dapat bertambah agar dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang lebih berkualitas lagi ke depan. (ZT-08)

Reza Saputra
Siswa Kelas XI

Bangga Dan Percaya Diri 

Meskipun saya satu-satunya siswa laki-laki di jurusan ini, saya bangga dan percaya diri serta tidak takut di bully. Sebab, tidak mudah untuk bisa diterima di Jurusan ini. Alasan saya mengambil jurusan kecantikan ialah karena dukungan dari orang tua dan karena terbiasa merias orang-orang di salon yang ada di lingkungan tempat saya tinggal. Selain itu, Saya percaya jurusan ini akan mengatarkan saya menjadi seperti yang saya cita-citakan di masa depan yakni menjadi MUA profesional. (ZT-08)

BACA  Hasil Penelitian: Covid-19 Bisa Serang 9 Organ Tubuh

 

Gracia Vontana Massie
Siswa Kelas X

Bisa Langsung Bekerja 

Saya memilih sekolah menengah kejuruan dan mengambil jurusan kecantikan ialah karena saya ingin langsung kerja setelah lulus. Selain itu, saya juga merasa cocok dengan jurusan ini dan saya memiliki hobi memelihara rambut. Sehingga, saya senang dengan mata pelajaran yang saya dapatkan karena saya tahu hal itu akan sangat berguna terlebih bagi saya yang ingin membuka usaha salon sendiri nanti. (ZT-08)


Komentar