Senin, 6 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dari Pemakaman Alm Medi Botutihe

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Selasa, 20 September 2016 | 11:45 AM Tag: , ,
  

Dua Kali Disalati, Dikawal Lima Pohalaa

GORONTALO, hargo.co.id – Wafatnya mantan Walikota Gorontalo Medi Botutohie membawa duka mendalam bagi masyarakat Gorontalo.

Sang tauwa, menghembuskan nafas terkhir di RSAS Kota Gorontalo pada Minggu (18/9) malam, dan dimakamkan di pekuburan keluarga, desa Yosonegoro, Kabupaten Gorontalo (19/9) kemarin.

Sosok yang dikenal peduli dengan adat dan istiadat Gorontalo itu, juga membuat seluruh pemuka adat di Gorontalo, kehilangan.

Medi Botutihe merupakan tokoh adat yang dianugeragi gelar adat tauwa lo lingguwa. Karena itulah, pelepasan jenazah dilakukan denngan upacara kebesaran adat yang khusus.

Lima perwakilan daerah adat ikut hadir dalam prosesi tersebut.

Pantauan Gorontalo Post Prosesi adat diawali dengan Mopo Bulito atau duduk tertib adat sesuai dengan tatanan dan jabatan para pembesar negeri. Dimana hadir 5 perwakilan daerah ada, pemangku adat dari Suwawa, Limutu, Hulondalo, Bulango, dan Atinggola.

Dilajutkan dengan Mohudu Tonggota yakni penyerahan mandat dan tanggungjawab, dari pemangku adat negeri Gorontalo kepada pemangku adat Limboto, sebagai pimpinan prosesi adat.

Dimana semua rangkaian adat dipimpin ketua pemangku adat Limboto Alex Bobihu.

Upacara adat pun dilanjutkan dengan Prosesi Modulita atau penguntingan kain kafan, dilanjutkan Mopolihu memandikan jenazah, dan ditutup dengan tahlilan yang semua rangkaiannya digelar di Pendopo kediaman almarhum di Jl Pengeran Hidayat, Kota Gorontalo.

Usai prosesi adat selesai, dilanjutkan dengan salat jenazah yang berlangsung di pendapa rumah pribadinya, setelah itu dibawa ke Masjid Agung Baitrurrahim untuk kembali disalatkan, lalu dibawa ke Desa Yosonegoro, Kabupaten Gorontalo untuk dimakamkan.

Kendaraan mengular mengiringi mobil jenazah dari Kota Gorontalo menuju Desa Yosonegoro. Di pekuburan keluarga yang terletak di atas bukit dekat lapangan golf sudah menunggu ratusan pelayat.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar