Minggu, 28 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Darwis Moridu Diberhentikan, Anas Jusuf Segera Definitif

Oleh Admin Hargo , dalam Headline Kab. Boalemo , pada Sabtu, 6 November 2021 | 06:05 AM Tag: ,
  Darwis Moridu (kanan) dan Anas Jusuf (Kiri)

Hargo.co.id, GORONTALO – Setelah melewati proses yang panjang, akhirnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencopot Darwis Moridu sebagai bupati Boalemo. Selanjutnya, menunjuk Anas Jusuf sebagai bupati definitif yang sebelumnya menduduki kursi wakil bupati Boalemo. 

Informasi dihimpun Hargo.co.id, putusan Kemendagri Nomor : 131.75-4874 Tahun 2021, tentang Pengesahan Pemberhentian Bupati Boalemo, Provinsi Gorontalo. Keputusan yang ditetapkan di Jakarta, pada tanggal 19 Oktober 2021 dan ditandatangani oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian tersebut, menyatakan Darwis Moridu diberhentikan dengan tidak hormat.

“Mengesahkan pemberhentian tidak dengan hormat saudara H. Darwis Moridu dari jabatannya sebagai Bupati Boalemo masa jabatan Tahun 2017-2022, karena terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penganiayaan yang mengakibatkan kematian sesuai petikan putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia nomor 527 K/Pid/2021 tanggal 8 Juni 2021,”demikian bunyi salinan putusan Mendagri pada halaman 3 yang diperoleh Hargo.co.id.

Selanjutnya, masih berdasarkan salinan putusan tersebut, Mendagri menunjuk saudara Ir. H. Anas Jusuf, Wakil Bupati Boalemo masa jabatan Tahun 2017-2022, untuk melaksanakan tugas dan kewenangan Bupati Boalemo sampai dengan dilantiknya Wakil Bupati menjadi Bupati Boalemo sisa masa jabatan 2017-2022.

Sebelumnya, diketahui, Darwis Moridu diberhentikan sementara, lantaran menghadapi proses perkara pidana tersebut. Berjalannya waktu, ia dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Negeri di Kota Gorontalo, yang selanjutnya diseret ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Tunggu pelantikan saja,”kata Kepala Bagian Hukum Setda Boalemo Andre Tumewu, ketika dimintai tanggapan terkait salinan putusan Mendagri tersebut, melalui sambungan WhatsApp, Jumat, (05/11/2021) malam. (***)

 

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 422 times, 1 visits today)

Komentar