Rabu, 23 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Darwis Moridu Minta Tingkatkan SDM Masyarakat Desa

Oleh Sunarto Nusi , dalam Advertorial Kab. Bone Bolango , pada Sabtu, 28 Desember 2019 | 19:05 WITA Tag:
  Dialokasikan Lewat ADD, Insentif LPM Desa Naik 9,5 Persen


Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Daerah (Pemda) Boalemo bekerja sama Universitas Bina Mandiri Gorontalo menggelar seminar dengan tema Membangun Indonesia dari Desa. Sekaligus penguatan manajemen dan kepemimpinan menuju pembangunan berbasis potensi dan keunggulan kompetitif desa di Boalemo.

Kegiatan ini dibuka langsung Bupati Boalemo Hi. Darwis Moridu bertempat di Graha Putra Tunggal, Tilamuta, Jumat (27/12/2019). Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Bina Mandiri Gorontalo, sejumlah narasumber para Kades se Boalemo.

BACA  Kembangkan Pertanian dan Peternakan Harus Ramah Lingkungan

Bupati Boalemo, Darwis Moridu dalam arahannya menyampaikan, seminar ini merupakan inisiatif Pemerintah Daerah dalam mendorong dan mendukung percepatan pembangunan desa di Boalemo. Sebagaimana rujukan UU 6/2014 tentang Desa sedianya menempatkan desa pada garda terdepan pembangunan di Indonesia ditunjang pemberian kewenangan dan juga didukung ketersediaan dana desa.

BACA  Wisata Alam Meranti  Layak Dijual ke Luar

“Dengan kewenangan dan dukungan dana lebih besar, maka pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa akan lebih makmur. Namun, kalau kewenangan itu tidak didukung Sumber Daya Manusia yang memadai, tata kelola dan kepemimpinan yang tidak prosedural, maka hal tersebut jadi pemborosan besar terhadap Sumber Daya Publik. Sebab, tidak memberikan implikasi pada kemakmuran masyarakat,” ingat Bupati Darwis Moridu.

BACA  Jubir Pasangan Hamim Pou-Merlan Uloli dari Kalangan Milenial

Karena itu, lanjut dia, persoalan ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah. Terutama dalam berbagai program peningkatan kapasitas SDM yang ada di tingkat desa. Ia pun berharap, kepada peserta seminar kiranya mengikuti kegiatan seminar dengan baik.(adv/nrt/hg)      


Komentar