Sabtu, 20 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Data Hewan Kurban Minta Disampaikan ke Instansi Terkait  

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Sabtu, 9 Juli 2022 | 14:05 Tag:
  Ilustrasi.

Hargo.co.id, GORONTALO – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Gorontalo Utara (Gorut), meminta agar hewan yang akan dikurbankan, terlebih dahulu diperiksa kesehatannya. Olehnya, masyarakat diminta untuk menginformasikan ke instansi terkait agar diturunkan tim untuk melakukan pemeriksaan sebelum penyembelihan. 

Penegasan ini disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gorontalo Utara, Asrin U. Menu sebagai salah satu bentuk imbauan ke masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Asrin U. Menu saat ditemui di ruang kerjanya dua hari lalu. 

“Ya tentunya selaku pemerintah dan bertanggung jawab dengan tugas, tentu kami mengimbau baik kepada masyarakat perorangan maupun yang berkelompok dan bermaksud melaksanakan pemotongan hewan kurban. Diharapkan dapat menginformasikannya langsung kepada kami di dinas,” ungkapnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Gorontalo Utara, Asri U. Menu. (Foto: Istimewa)
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Gorontalo Utara, Asri U. Menu. (Foto: Istimewa)

Menurut Asrin U. Menu, pihaknya di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan telah terbentuk beberapa tim yang secara mobile dan bertanggung jawab di setiap kecamatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan calon hewan kurban. 

“Tim ini sudah ada dan telah terbentuk sejak seminggu kemarin, dan saat ini mereka berada di lapangan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan calon hewan kurban,” jelas Asrin U. Menu.

Hingga saat ini, kata Asrin U. Menu, belum ada kasus yang ditemui terkait dengan kesehatan hewan kurban. 

“Untuk pemeriksaannya juga itu dilakukan dengan teliti meliputi kuku, mulut dan lainnya sebagaimana standar pemeriksaan selama ini,” tegasnya.

Olehnya, masyarakat, kata Asri U. Menu, diharapkan dapat menginformasikan kepada pihak instansi terkait, termasuk juga masjid atau dimana lokasi tempat calon hewan kurban tersebut. 

“Alamatnya jelas, tim pasti akan meluncur untuk melaksanakan tugas pemeriksaan,” tandasnya.

Untuk sementara, data hewan kurban di Gorontalo Utara hingga Kamis (7/7/2022) sebanyak 515 ekor yang terdiri dari sapi dan kambing. Menurut Asrin U. Menu data tersebut merupakan informasi yang masuk dari setiap kecamatan. 

“Dari 11 Kecamatan yang ada, secara keseluruhan jumlahnya 515, jumlah jumlah tersebut tentunya masih akan bertambah,” ungkapnya. (***)

 

Penulis: Alosius M.. Budiman

(Visited 28 times, 1 visits today)

Komentar