Senin, 5 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Debat Publik Bone Bolango, Seorang Calon Bupati Absen

Oleh Berita Hargo , dalam Kab. Bone Bolango KPU , pada Rabu, 11 November 2020 | 17:05 WITA Tag: , ,
  1 Stand untuk Calon Bupati nomor urut 4 (kanan) nampak kosong. 3 Calon Bupati mengikuti Debat Publik putaran ke 2 KPU Bone Bolango. (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Debat publik putaran kedua yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Bone Bolango pada Rabu (11/11/2020), tanpa dihadiri oleh 1 peserta yang merupakan calon Bupati nomor urut 4 Mohamad Kilat Wartabone.

Absennya Kilat Wartabone itu, disampaikan langsung oleh ketua KPU Adnan Berahim, saat membuka lansung gelaran debat yang dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan di kantor KPU Bone Bolango.

Menurut Adnan Berahim, berhalangannya Mohamad Kilat Wartabone didebat bertema ‘Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan memajukan daerah’ itu dikarenakan adanya surat keterangan sakit dari dokter yang masuk ke KPU Bone Bolango.

BACA  ‘Wisata Jalan Pelangi’, Destinasi di Sekitar Makam Pahlawan Nani Wartabone  

“Yang bersangkutan telah menyampaikan surat secara resmi ke KPU melalui tim kampanyenya. Juga dilampiri surat keterangan dokter bahwa bersangkutan dalam keadaan sakit dan harus istirahat selama 3 hari. Surat itu tidak merinci sakit apa, namun hanya menerangkan bahwa bersangkutan kurang sehat atau sakit,” terang Adnan Berahim.

BACA  Nikmati Khasiat ‘Kelapa Muda Bakar’ di Kawasan Center Poit Bone Bolango

Lanjut Adnan menjelaskan, dengan adanya surat sakit itu maka Kilat terlepas dari sanksi ketidakhadirannya, pasalnya meski KPU pastikan secara teknis tidak menghambat jalannya pelaksanaan debat, namun dalam pedoman teknis yang ada di keputusan KPU RI nomor 465 sudah jelas bahwa kalau ada paslon yang menolak hadir dan tidak memiliki alasan jelas maka itu diberi sanksi berupa pemotongan sisa penayangan iklan kampanye 14 hari di media cetak dan elektronik.

BACA  Beredar Kabar, Pencuri Tabung Gas Sasar Kos-kosan di Bone Bolango

“Hal itu tidak ada sanksi, kecuali memang sengaja menolak untuk tidak hadir, jadi yang bersangkutan tidak diberi sanksi,”jelas Adnan Berahim.

Karena Mohamad Kilat Wartabone tidak hadir maka debat publik putaran kedua yang diselenggarakan oleh KPU Bone Bolango hanya diikuti oleh tiga calon Bupati saja.(zul/hg)


Komentar