Senin, 6 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Demo Kecam Ahok, Puluhan Mahasiswa Duduki Bundaran HI

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Rabu, 19 Oktober 2016 | 11:28 AM Tag: ,
  

Hargo.co.id GORONTALO- Dugaan kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang juga merupakan Gubernur DKI Jakarta berimbas pada kecaman sejumlah kalangan, tak terkecuali mahasiswa muslim Gorontalo. Ini seperti terlihat pada aksi ratusan mahasiswa Gorontalo yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Muslim Gorontalo, yang menggelar aksi unjuk rasa di Bundaran Hulonthalo Indah (HI) Kota Gorontalo Selasa (18/10) sore.

Mahasiswa nampak membawa sejumlah peralatan aksi, baik itu selebaran maupun karton-karton bertuliskan kecaman mereka atas perntaan yang disampaikan oleh Ahok itu. Tak hanya itu, Dalam orasinya, mahasiswa meminta kepada pihak Kepolisian dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat, untuk segera mengambil sikap tegas atas  kasus dugaan penistaan agama itu. Karena menurut mereka, kalimat yang telah diucapkan oleh Ahok, sarat akan muatan penistaan agama, yang tentunya sangat menyinggung perasaan kaum muslim yang ada di seluruh Indonesia.

“Ahok harus dipidanakan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, karena jelas-jelas apa yang telah diucapkannya itu salah dan menyimpang dari norma-norma yang berlaku di Indonesia,” tegas Wawan Umar yang juga merupakan koordinator aksi unjuk rasa itu. Selain itu, massa aksi juga mendesak pihak kepolisian agar segera memenjarakan Ahok yang dinilai telah melakukan penghinaan terhadap kitab suci kaum muslim, yakni Al-Quran.

Sementara itu, pantauan Gorontalo Post, aksi yang diklaim sebagai aksi spontanitas dari mahasiswa muslim Gorontalo itu, mereka juga menggelar deklarasi penolakan Ahok. Dalam pernyataannya, mahasiswa menilai Ahok tidak layak menyampaikan kata-kata yang dapat menimbulkan polemik ditengah kerukunan beragama yang selama ini terjalin dengan baik di Indonesia.

“Selama ini, tenggang rasa antar pemeluk agama yang ada di Indonesia sangat baik, tapi sejak Ahok mengeluarkan staitment seperti itu, menimbulkan reaksi yang sangat besar, “Ujarnya. Olehnya Wawan mengatakan, meski hanya berada di Gorontalo, dirinya dan seluruh massa aksi yang turut hadir dalam dekalarasi penolakan Ahok itu, tetap mendukung aksi kecaman terhadap Ahok yang terjadi di daerah lain.

Sebelumnya, selain mahasiswa muslim Gorontalo, kecaman terhadap Ahok sudah banyak kali terjadi di daerah lain di Indonesia. Termasuk aksi besar-besaran yang dilakukan oleh salah satu kelompok massa di Kota Jakarta. (tr-45/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar