Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dengan Jumlah Utuh, Jamaah Haji Gorontalo Tiba Siang Ini

Oleh Fajriansyach , dalam Gorontalo Headline , pada Jumat, 29 September 2017 | 14:06 WITA Tag: , ,
  SIAP KE MAKAH - Jamaah hajia kloter 25 UPG embarkasi haji Gorontalo saat berada di asrama haji Kota Gorontalo, Kamis (17/8).


Hargo.co.id GORONTALO – Setelah sebulan lebih lamanya di Tanah Suci Mekkah. Rombongan Jamaah Haji Gorontalo akan mulai kembali ke tanah. Kepulangan jamaah haji Gorontalo diawali oleh jamaah yang tergabung Kelompok Terbang (Kloter) 25 UPG.

Sesuai jadwal, jamaah asal Kota Gorontalo ini akan mendarat di Embarkasi Haji Makassar, hari ini Jumat (29/9) pukul 08.50 Wita. Selanjutnya, rombongan akan diberangkatkan menuju Embarkasi Haji Antara (EHA) Jalaluddin Gorontalo secara bertahap.

Untuk flight I rencananya pukul 11.00 wita dan akan tiba pukul 12.30. Flight II rencananya pukul 11.30 wita dan akan tiba pukul 13.00. Selanjutnya flight III akan berangkat pada pukul 11.50 wita dan akan tiba pukul 13.30 wita.

BACA  Jelang Buka Puasa, Dua Desa di Limboto Barat Diterjang Banjir 

Sementara itu informasi yang dirangkum Gorontalo Post, Kamis (28/9) sore pukul 15.00 wita, jamaah haji Gorontalo Kloter 25 UPG sudah bersiap bertolak ke tanah air. Sementara satu jamaah yang dilaporkan sakit atas nama Janser Latjengke dan sempat dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi telah dinyatakan layak untuk terbang.

“Sehingga jumlah jamaah yang berangkat dari Madinah sebanyak 453 orang. Alhamdulillah secara umum jumlah jamaah yang akan pulang ke tanah air dalam keadaan utuh,” ungkap Ketua Kloter 25 UPG Nursam Sidiki lewat grup WhatsApp Info Haji.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Dr.H.Rusman Langke,M.Pd  didampingi Plt. Kabid. Penyelenggaraan Haji dan Umrah H. Hamka Arbie,M.HI menjelaskan, kesiapan Asrama Haji Embarkasi Antara Provinsi Gorontalo untuk didatangi Jemaah Haji Kloter 25 UPG sudah 90 persen. “Tinggal beberapa item yang masih dalam perampungan.

BACA  Warga Tibawa Antusias Belanja di Pasar Murah Pemprov Gorontalo

Tapi pada prinsipnya, Insya Allah kami sudah siap menerima jemaah haji hari Jumat besok,” ujar Kakanwil.

Diakui Kakanwil, memang kesibukan PPIH dalam menyiapkan Asrama Haji tidak lagi sama seperti saat pemberangkatan Jemaah Haji. Pasalnya beberapa fasilitas dan sarana tidak perlu lagi disiapkan, seperti kamar tidur jemaah, dan juga konsumsi berat. Cukup ketersediaan ruangan penerimaan yang repsentatif dan nyaman, dan juga konsumsi ringan sebagai penyambutan selamat datang kepada jemaah.

BACA  Dua Unit Rumah di Kota Gorontalo Hangus Terbakar

Meski demikian kata Kakanwil, PPIH akan tetap bertekad untuk memberikan pelayanan maksimal kepada jemaah. “Karena itu masih merupakan tanggung jawab PPIH,” ujarnya Yang tidak kalah pentingnya lanjut Kakanwil adalah kesiapan Tenaga Kesehatan untuk menangani jemaah jikalau ada yang terganggu kesehatannya saat tiba di Gorontalo.

Saat ini beberapa PPIH sudah berada di Makassar untuk mengurus Jemaah Haji Gorontalo, melanjutkan perjalanan ke Gorontalo. Mereka diantaranya Kadis Perhubungan Provinsi Gorontalo, Dr.H.Jamal Nganro, Plt.

Kakankemenag Kota Gorontalo, Dr.H.Sabara K.Ngou,M.Pd, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, H. Abdurrasyid Nomba,S.Ag, Kasi Akomodasi, Transportasi dan Perlengkapan Haji, HM. Shafwan Ali, M.HI, dan Petugas Siskohat H. Arman Tiopo.(san/hg)


Komentar