Monday, 26 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Deretan Pemain Serie A Begitu Merajalela di Euro 2020

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Sepakbola , pada Tuesday, 22 June 2021 | 03:05 AM Tags: , , ,
  Bek Jerman Robin Gosens merayakan gol ke gawang Portugal pada laga Grup F Euro 2020. (CHRISTOF STACHE / POOL / AFP)

Hargo.co.id – Italia tampil meyakinkan dalam dua matchday awal Euro 2020. Mereka sapu bersih plus belum kebobolan. Lebih jauh, pemain-pemain wakil klub-klub Serie A juga sedang on fire. Setidaknya hingga kemarin dini hari.

Dari 55 gol yang tercipta, seperempatnya dicetak pemain dari kasta tertinggi sepak bola Italia itu. Top scorer sementara dengan tiga gol adalah megabintang Juventus dan Portugal Cristiano Ronaldo.

Bahkan, striker Rep Ceko Patrik Schick yang memiliki jumlah gol yang sama juga masih ’’berbau’’ Serie A. Pasalnya, sejak 2016 hingga 2020, dia membela klub Serie A (Sampdoria dan AS Roma). Tapi, musim lalu dia hengkang ke Bayer Leverkusen.

Selain CR7, julukan Ronaldo, pemain Serie A yang sudah mencetak gol di Euro kali ini adalah Milan Skriniar (Slovakia-Inter Milan), Lorenzo Insigne (Italia-SSC Napoli), Robin Gosens (Jerman-Atalanta BC), Aaron Ramsey (Wales-Juventus), Ivan Perisic (Kroasia-Inter Milan), Alvaro Morata (Spanyol-Juventus), Goran Pandev (Makedonia Utara-Genoa CFC), Aleksei Miranchuk (Rusia-Atalanta BC), dan Karol Linetty (Polandia-Sampdoria).

’’Dia harus keluar dari zona nyaman dan membuktikan kapasitasnya di salah satu liga terbaik dunia. Sejauh ini, kami puas dengan kinerjanya dan kuharap musim depan dia jadi pilar utama Atalanta BC,’’ ucap pelatih Rusia Stanislav Cherchesov merujuk performa gelandang Aleksei Miranchuk seperti dilansir Football Italia.

Miranchuk adalah contoh pemain Serie A yang moncer di Euro kali ini. Pemain 25 tahun itu baru bergabung bersama La Dea –julukan Atalanta– musim lalu. Tetapi, dia langsung nyetel dengan mencetak 7 gol dan 2 assist dari 31 laga di semua ajang.

Sementara itu, yang dimaksud Cherchesov sebagai zona nyaman bagi Miranchuk adalah dia yang akhirnya bersedia keluar dari Lokomotiv Moscow yang diperkuatnya sejak 2013. Di sana, dia mencetak 43 gol dan 46 assist dari 228 laga.

Nah, di Euro kali ini, dia sudah mencatatkan satu gol dan satu pemain terbaik yang diraihnya ketika Rusia mengalahkan Finlandia 1-0 pada matchday kedua (16/6).

Tidak berhenti di situ, pemain-pemain wakil Serie A juga mendominasi perolehan pemain terbaik di pertandingan. Dari 24 laga yang sudah digelar, sembilan laga berujung predikat pemain terbaik bagi wakil Serie A.

Selain Miranchuk, pemain Serie A yang sudah sempat mencicipi predikat pemain terbaik adalah Leonardo Spinazzola (Italia-AS Roma), Christian Eriksen (Denmark-Inter Milan), Romelu Lukaku dua kali (Belgia-Inter Milan), Skriniar (Slovakia-Inter Milan), Ronaldo (Portugal-Juventus), Manuel Locatelli (Italia-US Sassuolo), dan Gosens (Jerman-Atalanta).

Bahkan, lantaran terlalu dominan, wakil Serie A berhasil mencetak gol dari semua lini. Bukan terbatas dari lini belakang. Sebab, kiper Polandia dan Juventus Wojciech Szczesny juga sempat mencetak ’’gol’’.

Ya, meski golnya adalah gol bunuh diri ketika Polandia dikalahkan Slovakia 1-2 pada matchday pertama (15/6).(jawapos/hargo)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “Para Pemain Serie A Begitu Merajalela“. Pada edisi Senin, 21 Juni 2021.
(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar