Senin, 18 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Desa Kotajin Utara, Digagas untuk Jadi Desa Adat

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Minggu, 10 Oktober 2021 | 20:05 PM Tag: , ,
  Kepala Dinas Pariwisata, Gorontalo Utara (Gorut), Badar Pakaya

Hargo.co.id, GORONTALO – Kepala Dinas Pariwisata, Gorontalo Utara (Gorut), Badar Pakaya menegaskan bahwa Desa Kotajin Utara, Kecamatan Atinggola diusulkan sebagai Desa Adat. Bahkan sudah dilakukan pembahasan awal agar usulan tersebut dapat diterima. 

Hadir pada pembahasan tersebut yakni perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kemudian Dinas PMD Provinsi Gorontalo dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

“Kami pada dasarnya berkeinginan menjadikan Desa Kotajin Utara sebagai salah satu contoh Desa Adat di Gorontalo Utara. Meski memang banyak desa di sini yang punya potensi untuk itu dengan ciri khas yang berbeda-beda,” tutur Badar Pakaya. 

Pihaknya ingin menjadikan Gorontalo Utara mengalami perubahan atau perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya. Terutama dalam rangka menambah daya tarik wisatawan, khususnya dari sisi kebudayaan. 

“Alhamdulillah mereka menilai kita punya potensi yang luar biasa. Meski memang kendalanya, belum semuanya terinventarisir secara baik, baik itu dari penetapannya maupun administrasi tentang pemberian SK dan sebagainya,” imbuhnya. 

Oleh karena itu, Badar Pakaya mengatakan, pihaknya berusaha sedapat mungkin poin-poin yang menjadi syarat desa adat ini akan bisa dipenuhi, baik dari sisi atraksinya, administrasinya maupun dari sisi ekonominya. 

“Yang paling utama administrasinya untuk penetapan. Nantinya juga harus dibuatkan peraturan daerah tentang desa adat di provinsi Gorontalo, kemudian perda di tingkat Gorontalo Utara,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 14 times, 1 visits today)

Komentar