Kamis, 2 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



‘Desa Layak Bersih dan Sanitasi’, Program KKN Tematik Posko Desa Sogu

Oleh Admin Hargo , dalam Edukasi , pada Rabu, 17 November 2021 | 16:05 PM Tag: , ,
  Mahasiswa KKN Tematik UNG, Posko Desa Sogu sukses wujudkan program Desa Layak Bersih dan Sanitasi. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Guna merampungkan program kerja, mahasiswa KKN Tematik Universitas Negeri Gorontalo (UNG) 2021 Posko Desa Sogu menjalani program inti. Yakni termasuk dalam SDGs berhasil mereka selesaikan antara lain upaya membangun ‘Desa Layak Bersih dan Sanitasi’.

Upaya membangun Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi di Desa Sogu, Kecamatan Monano, Gorontalo Utara ini, bertujuan untuk menjamin ketersediaan serta pengolahan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk masyarakat. Mencapai akses terhadap sanitasi dan kebersihan yang memadai dan merata bagi semua masyarakat kemudian mendukung dan memperkuat partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pengolahan air dan sanitasi. 

Untuk salah satu poin dalam tujuan pembangunan berkelanjutan pada sektor lingkungan hidup yaitu memastikan masyarakat mencapai akses universal air bersih dan sanitasi. Manfaat dari program ini bisa dirasakan langsung oleh masyarakat karena air bersih dan sanitasi layak termasuk dalam kebutuhan dasar manusia.

Tak pelak lagi, program ini mendapat dukungan dari pemerintah desa, yang mana telah melakukan peninjauan terhadap sumber mata air utama yang digunakan oleh masyarakat Sogu. Selain itu, juga melakukan pembersihan area sekitar mata air dari sampah dan kotoran yang mungkin bisa mencemari sumber mata air. Kegiatan ini dilaksanakan pada 18 Oktober 2021 di puncak SPL Desa Sogu dengan ditemani oleh karang taruna setempat.

Kepala Desa Sogu Idil Danial, Sekretaris Camat Monano Irwan Harun membersamai kegiatan Sosialisasi Stunting yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Tematik UNG. (Foto: Istimewa)
Kepala Desa Sogu Idil Danial, Sekretaris Camat Monano Irwan Harun membersamai kegiatan Sosialisasi Stunting yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Tematik UNG. (Foto: Istimewa)

Menurut Kepala Desa Sogu, Idil Danial, program SDGs sangat perlu dilaksanakan guna untuk mewujudkan dan meningkatkan program yang berada di Desa Sogu. Masyarakat dapat merasakan dampak positif atas keberhasilan program. Menuju desa bersih dan sehat serta memiliki masyarakat maupun pemuda yang kreatif, inovatif dan mempunyai karakter yang baik.

Selain merampungkan program desa layak bersih, mahasiswa KKN Tematik Posko Desa Sogu juga melakukan sosialisasi program pendidikan kualitas Belajar Mengajar dan Pengembangan dari Siswa SMP Negeri 3 Monano.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program SDGS dalam bidang pendidikan yang bertujuan untuk menjamin kualitas Pendidikan yang inklusif dan merata bagi Siswa SMPN 3 Monano. Manfaat dari program ini yaitu menambah wawasan pendidikan serta untuk membina karakter siswa SMPN 3 Monano.

“Pelaksanaan program kerja sdgs bertujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat desa sogu, baik dari sisi kesehatan, ekonomi dan pengembangan karakter melalui pendidikan, harapan dari pelaksanaan program SDGs ini, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat serta pemuda untuk terus mengembangkan segala bentuk potensi dan sumber daya untuk mewujudkan desa sogu lebih baik lagi,” ungkap Koordinator Desa Sogu, Algifari A. Hamid

Hal lain yang dilakukan adalah memberikan sosialisasi Stunting dan Napza yang merupakan kolaborasi dengan mahasiswa KKN Tematik dari desa lainnya di Kecamatan Monano. Ini dilaksanakan pada 7 Oktober 2021 oleh KKN Tematik UNG Posko Desa Sogu, Desa Dunu, Desa Monas, Desa Mokonowu, Desa Tudi, Desa Pilohulata, Desa Zuriyati dan Desa Monano. 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang masalah stunting dan Napza agar masyarakat yang berada di kecamatan monano lebih sehat dan bebas dari narkoba. Kegiatan ini tentunya mendapat dukungan penuh dari pemerintah desa dan kecamatan serta dosen pembimbing lapangan yang hadir secara langsung dalam kegiatan tersebut.

Tak hanya sampai disitu, mahasiswa KKN Tematik UNG Posko Desa Sogu juga aktif melaksanakan program  tambahan yakni program kemasyarakatan antara lain berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi di desa, program bakti sosial, Sukseskan Pelaksanaan Porsegu Cup ( Pekan Olahraga dan Seni Desa Sogu), pembersihan lingkungan masyarakat dan sebagainya. (***)

 

Penulis:  Rita Setiawati

(Visited 78 times, 1 visits today)

Komentar