Friday, 6 August 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Desa Tombulilato, Atinggola Deklarasi 5 Pilar STBM

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo Utara , pada Tuesday, 13 July 2021 | 10:05 AM Tags:
  Deklarasi 5 pilar STBM Desa Tombulilato, Atinggola yang dihadiri langsung Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Sebuah langkah maju yang dilakukan oleh Desa Tombulilato, Kecamatan Atinggola. Yakni, mendeklarasikan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) pada Jumat (09/07/2021) pekan lalu. 

Informasi yang berhasil dihimpun, deklarasi itu dipimpin langsung oleh Kepala Desa Tombulilato, Junaidin Mooduto dan diikuti beberapa perwakilan masyarakat, mulai dari aparat desa, unsur kesehatan, pemuda dan pihak lainnya di desa tersebut. Hadir juga pada kesempatan itu, Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin.

“Selamat dan saya sangat mengapresiasi gebrakan pemerintah Desa Tombulilato dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Sejak 2019 desa terpencil di Atinggola ini, menunjukkan grafik berkembang yang sangat baik,” kata Indra Yasin pada kesempatan tersebut. 

Lanjut katanya, bahkan status desa dalam Indeks Desa Membangun (IDM) naik dari sangat tertinggal, kemudian tertinggal dan menjadi desa berkembang serta maju. 

“Kini tinggal selangkah lagi menjadi desa mandiri. Saya yakin itu bisa dicapai karena dukungan masyarakat yang sangat kuat,” ungkap Indra Yasin. 

Ia menyebut, saat ini, kabupaten/kota masih menghadapi berbagai permasalahan sanitasi yang buruk, pembuangan air limbah dan sampah rumah tangga. Walhasil, terjadi peningkatan penyakit menular dan penyakit tidak menular, akses ke sumber air minum dan perbaikan gizi masyarakat (stunting). 

Dalam mengatasi hal ini, kata Indra Yasin, tentu perlu pemberdayaan potensi dan semua sumber daya yang tersedia di Gorontalo Utara. Salah satunya melalui gerakan sanitasi total berbasis masyarakat, dengan membangun kemitraan yang solid antara masyarakat, pemerintah dan pihak swasta. 

“Dalam upaya pendekatan promotif dan preventif dengan gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, dengan menekankan pada perilaku hidup sehat. Dimulai dari diri sendiri, hal ini sejalan dengan upaya meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat,” paparnya.

Masih pada kesempatan yang sama, Indra Yasin mengungkapkan bahwa Gorontalo Utara untuk program STBM sudah mencapai akses ke jamban sehat 80,55 persen. 

“Khususnya Atinggola sudah mencapai 86,38 persen akses ke jamban keluarga/ MCK. Sementara Desa Tombulilato sudah 100 persen akses sanitasi yang aman,” ungkapnya. 

Indra Yasin lantas mengajak semua pihak untuk bekerja sama dalam menjaga kondisi lingkungan, maupun perilaku masyarakat agar tetap memenuhi 5 pilar STBM. Sehingga tercipta Gorontalo Utara yang sehat, kondisi kehidupan dan tatanan yang bersih, nyaman, aman dan sehat yang dilengkapi sarana prasarana yang mendukung pada beberapa sektor/tatanan kehidupan masyarakat. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 25 times, 1 visits today)

Komentar