Rabu, 26 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Deteksi Penularan AIDS, ASN dan PTT Jalani Tes HIV

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Kamis, 2 Desember 2021 | 07:05 AM Tag: , , ,
  Pj. Sekda Gorontalo Utara, Suleman Lakoro saat diambil sampel darahnya untuk tes AIDS oleh petugas dari Dinas Kesehatan, Rabu (01/12/202). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Guna mendeteksi penularan AIDS, Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), melakukan tes HIV. Tes yang dilakukan pada peringatan Hari AIDS pada 1 Desember, ditujukan kepada ASN dan Pegawai Tidak tetap (PTT). 

Informasi yang berhasil dihimpun, tes HIV melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dengan cara mendatangi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pertama yang menjalani tes HIV yakni Pj. Sekda Gorontalo Utara, Suleman Lakoro.

“Jadi masih kita prioritaskan ASN. Kami juga telah menyurat ke masing-masing OPD,” kata Kabid P2P Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Youke Lumataw.

Lanjut katanya, untuk ASN sudah dapat dan banyak yang bersedia untuk diperiksa dalam rangka peringatan hari AIDS. Untuk hasilnya nanti, kalau ada yang positif, otomatis itu hanya akan diketahui oleh yang bersangkutan. Artinya, tidak akan dipublikasikan karena kerahasiaan sangat dijaga, hanya akan diinformasikan kepada yang bersangkutan dan nanti tindak lanjutnya kita akan tes lebih lanjut yang biasanya dilakukan di rumah sakit.

“Jika dari hasil tes kedua dan ketiga positif, itu nanti akan mendapatkan pengobatan gratis,” kata Youke Lumataw.

Sementara itu, Suleman Lakoro berharap, kiranya seluruh aparat dan ASN baik itu PNS dan P3K atau yang tenaga honorer, bebas dari penyakit AIDS. 

“Hari ini dari Dinas Kesehatan dalam hal ini bidang P2P telah melaksanakan dalam rangka peringatan hari AIDS sedunia ini melaksanakan uji atau tes kepada setiap ASN yang ada di Gorontalo Utara,” ungkapnya.

Tentunya kita berharap jangan sampai ada aparat Pemda Gorut yang terjangkit penyakit AIDS dan saya berharap kita tetap menjaga kesehatan terutama kita masih dalam pandemi ini, terutama dalam hal penerapan protokol kesehatan. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 22 times, 1 visits today)

Komentar