Rabu, 6 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Di Gorontalo, 103 Sekolah Siap UNBK

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Rabu, 28 Desember 2016 | 21:50 Tag: , ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Pemerintah terus menggenjot pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Bahkan, di Gorontalo, sekolah yang akan melaksanakan UNBK meningkat drastis.

Jika pada tahun 2016 ini, sekolah yang melaksanakan UNBK di Gorontalo hanya sebanyak 19 sekolah saja. Pada Unas 2017 nanti, sekolah yang sudah siap untuk melaksanakan UNBK di Gorontalo mencapai 103 sekolah.

Data dirangkum Gorontalo Post, untuk Kota Gorontalo ada 22 SMP dan 16 SMA/MA/SMK yang siap UNBK. Bonbol 9 SMP/MTs dan 6 SMA/MA/SMK, Kabgor 4 SMP/MTs dan 17 SMA/MA/SMK, Gorut 2 MTs dan 6 SMA/MA/SMK,

Boalemo 4 SMP/Mts dan 7 SMA/MA/SMK serta Pohuwato 2 SMP/MTs dan 8 SMA/MA/SMK.

Sementara itu, jumlah peserta UNBK 2017 mencapai 18.611 siswa, masing-masing untuk SMP 7.109 siswa, SMA 6.509 siswa dan SMK 4.993 siswa.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Gorontalo Abram Badu, mengatakan, sejauh ini, Kota Gorontalo sudah siap untuk melaksanakan UNBK.

“Insha Allah untuk kesiapannya kita sudah siap, termasuk pembenahan ruangan dan kesiapan teknis lainnya dalam persiapan UNBK kali ini,” kata Abram.

Kepala SMA 3 Kota Gorontalo Ani Polapa (sekolah UNBK) menuturkan, pihaknya baru membahas tentang Juknis pelaksanaan Unas.

“Kami telah telah melaksanakan serangkaian persiapan termasuk melaksanakan try out bagi para siswa peserta Unas,” ungkapnya.

Di Bone Bolango persiapan Unas sudah mulai dilakukan, salah satunya dengan melakukan sosialisasi terhadap sejumlah sekolah khususnya yang melaksanakan UNBK.

“Khusus untuk sekolah di tingkat SMP-MTS sederajat yang akan melaksanakan UNKB kemungkinan masih akan bertambah lagi. Sebab saat ini ada beberapa sekolah masih dalam tahap persiapan kelengkapan sarana komputer dan alat penunjuang lainya dalam pelaksanaan UNBK,” ungkap Husain, Kabid Dikdas pada Dikbud Kabupaten Bone Bolango.

Di Kabgor, Kepala Bagian Dokument Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo Zubair mengakui di beberapa sekolah memiliki fasilitas komputer tetapi jika dibandingkan dengan jumlah siswa, masih kekurangan.

“Karena pelaksanaannya nanti serentak maka kita harus mempersiapkan komputer tambahan, disesuaikan dengan jumlah siswa,” ujarnya.

Semuanya jelasnya bakal dibicarakan pihak sekolah dan komite. Baik itu dipinjam atau disewa dengan harga tertentu.

“Selain masalah komputer, pihak sekolah juga diminta untuk menyiapkan genset. Guna menanggulangi jika terjadi pemahaman listrik.  Semua masalah yang mungkin terjadi kita coba tanggungi sejak dini,” tuturnya.

Kadis Pendidikan Boalemo, Abd Waris mengaku siap untuk menjalankan UNBK 2017 nanti. Dimana setiap tahun, pihaknya terus memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam UNBK, misalnya komputer.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar