Kamis, 24 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Di Gorontalo, Rombongan JWS Takjub dengan Aksi Ta No’u

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo Headline , pada Kamis, 27 Februari 2020 | 11:05 WITA Tag: ,
  Rombongan tour JWS ketika melihat aksi Hartin Maliki alias Ta No'u yang menggoreng pisang dengan tangan, Rabu (26/2/2020). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Aksi goreng pisang dengan tangan oleh Hartin Maliki atau yang akrab disapa Ta No’u membuat takjub para peserta Jelajah Wisata Sulawesi (JWS) 2020 ketika berada di Kota Gorontalo, Rabu (26/02/2020).

Di atas minyak panas yang mendidih, Ta Nou membolak-balik Pisang dengan tangannya hingga masak.

Peserta touring dari JK Merah Putih Community (JKMPC) dibuat geleng-geleng kepala, seolah tak percaya. Salah satu peserta mengambil daun kering dan dimasukan ke dalam api kompor. Ia tidak yakin jika api dan minyak goreng yang mendidih adalah asli.

BACA  Wisata Alam Meranti  Layak Dijual ke Luar

“Eeh terbakar bro. Asli rupanya. Coba aja celupin tangannya kalo enggak hangus haha,” celotehnya berkelakar.

Aksi Ta No’u ini disaksikan peserta tour JWS usai dijamu makan malam oleh Gubernur Gorontalo Rusli habibie di Rumah Gubernur Gorontalo. Setelah makan malam, peserta tour JWS menuju ke Lapangan Taruna Remaja untuk menikmati hiburan rakyat yang dirangkaikan dengan makan gratis 2.000 porsi yang diikuti oleh warga Gorontalo.

Dengan kemeja putih bertuliskan JK Merah Putih Community (JKMPC), peserta larut dalam suasana santai di Lapangan Taruna Remaja itu. Mereka menggunakan upia karanji (songkok keranjang) yang menjadi khas warga Gorontalo.

BACA  Nomor Telepon Seluler Gubernur Gorontalo Diretas, Polisi Lakukan Penyelidikan

“Kami start dari Makassar sampai di Gorontalo ada kesan yang mendalam. Di Sulawesi ternyata banyak pemandangan yang sangat indah dan pantainya bersih. Mudahan mudahan acara semacam ini bisa diagendakan tahunan untuk explorer keindahan Sulawesi,” Ketua JKMPC, Bakri saat memberi sambutan.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie beserta rombongan tour JWS ketika menyaksikan makan gratis 2.000 porsi yang diikuti oleh warga yang ada di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, Rabu (26/2/2020). (Foto : Istimewa)
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie beserta rombongan tour JWS ketika menyaksikan makan gratis 2.000 porsi yang diikuti oleh warga yang ada di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, Rabu (26/2/2020). (Foto : Istimewa)

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menilai ajang ini sebagai momentum bagus untuk memperkenalkan spot-spot pariwisata di Pulau Celebes. Pemerintah daerah yang disinggahi juga antusias dengan melakukan penyambutan di setiap daerah.

BACA  Istri Gubernur Gorontalo Sempat Terpapar Covid-19

“Hampir semua daerah yang kami lewati dipenuhi pohon yang rindang. Begitu masuk di Gorontalo bukit-bukitnya ditanami jagung. Ini yang saya pesan kepada masyarakat Gorontalo untuk memperhatikan masalah lingkungan,” pesan Rusli.

Sementara itu, rencananya peserta akan memasuki etape 6 dengan agenda tour keliling Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango. Gubernur Rusli mengajak para pecinta mobil Rubicon itu untuk menikmati wisata hius paus di Desa Botubarani. Ada juga aksi offroad di Sungai Bulango bagi istri-istri peserta JWS. (adv/rwf/hg)


Komentar