Friday, 24 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dibutuhkan Peran Aktif Media dalam Menangani Covid-19

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Saturday, 21 August 2021 | 06:05 AM Tags: ,
  Rakor nasional secara virtual yang diikuti oleh Kesbangpol, Dinas Kominfo dan Bagian Humas Setda Gorontalo Utara terkait penanganan Covid, Kamis (19/08/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Media diharapkan dapat berperan dalam upaya penanganan Covid-19 dan juga memberikan sosialisasi dan perang terhadap hoax. Artinya, meluruskan informasi hoax yang beredar serta mensosialisasikan gerakan solidaritas dan semangat gotong royong bersama pemerintah, lembaga non pemerintah masyarakat dan pihak lainnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Gorontalo Utara (Gorut), Azhari Usman saat ditemui, Kamis (19/08/2021) usai mengikuti Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Nasional Penanganan Covid bersama yang dipimpin langsung oleh Menko PMK dan diikuti oleh seluruh daerah.

Dijelaskan oleh Azhari Usman, hasil rapat virtual tersebut, setidaknya ada tujuh kesimpulan yang diperoleh yang diantaranya ada 2 (dua) poin terkait dengan media. 

“Yang pertama terkait dengan peningkatan dukungan dari unsur media terhadap mobilisasi sumber daya untuk penanganan covid,” ungkapnya.

Azhari Usman menegaskan bahwa dukungan media sangatlah penting terutama dalam hak peningkatan dukungan dan meminta media-media yang bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk dapat berpartisipasi aktif terkait dengan hal tersebut. Tak hanya itu saja kata Azhari, pelibatan media sangat dibutuhkan juga dalam melakukan edukasi dan juga dalam rangka meluruskan informasi hoax. 

“Diharapkan media untuk dapat meningkatkan pemberian edukasi sesuai fungsi serta meluruskan info hoaks,” tegasnya.

Dan juga, kata Azhari Usman, melalui media diharapkan dapat melakukan sosialisasi terkait dengan gerakan solidaritas dan gotong royong dalam penanganan covid. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 8 times, 1 visits today)

Komentar