Rabu, 21 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



DID Bone Bolango Tahun 2021 Rp. 54 Miliar, Tertinggi se Gorontalo

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Kab. Bone Bolango , pada Kamis, 1 Oktober 2020 | 01:05 WITA Tag: , , ,
  Kepala BKPD Kabupaten Bone Bolango, Jusni Bolilio. (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id GORONTALO – Pemerintah pusat menggelontorkan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp13,50 triliun di tahun 2021, yang dialokasikan kepada Daerah untuk mendorong peningkatan kinerja pemerintahan daerah serta mendukung pemulihan dan penguatan ekonomi daerah.

Kabupaten Bone Bolango menjadi salah satu daerah yang mendapat jatah DID yang cukup tinggi. Bahkan di Provinsi Gorontalo, Bone Bolango tercatat menjadi penerima DID tertinggi dari lima daerah lainnya.

Kepala BKPD Kabupaten Bone Bolango Jusni Bolilio didampingi Kepala Bidang Anggaran Arief Wijaya mengatakan, pemberian dana DID oleh pemerintah pusat berdasarkan atas kriteria utama dan kategori kinerja.

BACA  Penuhi Kebutuhan Pangan, Wagub Dorong Warga Manfaatkan Pekarangan

Dalam kriteria utama, daerah yang layak mendapat DID dilihat dari 4 kriteria yaitu, opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) wajar tanpa pengecualian, penetapan Peraturan Daerah APBD tepat waktu, pelaksanaan e-government, dan ketersediaan pelayanan terpadu satu pintu.

Dalam kategori kinerja terdiri atas kategori kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah, kategori pelayanan dasar publik bidang pendidikan, kategori pelayanan dasar publik bidang kesehatan, kategori pelayanan dasar publik bidang infrastruktur, kategori pelayanan umum pemerintahan, kategori kesejahteraan masyarakat, kategori peningkatan investasi, kategori peningkatan ekspor, dan kategori pengelolaan sampah.

BACA  Diskon 50 Persen Bagi Pengurusan KIR Dokter Calon KPPS

“Jadi penerimaan DID tertinggi yang diterima Pemerintah Daerah Bone Bolango merupakan, hasil kinerja dan prestasi dari daerah, pencapaian kinerja yang baik masing-masing pada sektor kesehatan, pendidikan dan infrastruktur,” terang Jusni.

Dijelaskannya, sudah empat tahun berturut turut Kabupaten Bone Bolango memperoleh DID tertinggi se provinisi Gorontalo. DID merupakan insentif yang diberikan oleh pemerintah pusat bagi daerah yang memiliki kinerja tinggi atau daerah yang dianggap berprestasi. Pintu masuknya Opini dari BPK dan APBD tepat waktu. Singkat kata, daerah yang berprestasi dapat diukur dari berapa nilai atau nominal DID yang diperoleh. Dana DID yang diterima Pemerintah Kabupaten Bone Bolango bedasarkan informasi resmi pada situs DJPK Kemenkeu RI sebesar Rp 54 miliar dan menjadi penerima DID terbesar se Kabupaten kota dan Provinsi Gorontalo.

BACA  Diduga Plagiat Konten Pemkab Gorontalo, Kominfo Warning Timses Petahana

Seperti diketahui untuk tahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango banyak menerima penghargaan diantaranya, penghargaan WTP ke 7 secara beruntun dan predikat BB dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019. Penghargaan SAKIP ini diraih sebanyak ketiga kalinya secara beruntun diraih oleh pemkab Bone Bolango.(adv/rwf/hg)


Komentar