Rabu, 30 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Didampingi BPS, Gubernur dan Sekda Ikut Sensus Penduduk Online

Oleh Jamal De Marshall , dalam Advertorial Gorontalo , pada Rabu, 19 Februari 2020 | 16:05 WITA Tag: ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Herum Fajarwati, saat mengisi kuesioner sensus penduduk secara online, Rabu (19/2/2020) di Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo.(Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Setelah Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo kali ini mendampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Sekda Provinsi Gorontalo Darda Daraba mengisi kuisioner pada Sensus Penduduk secara online melalui situs sensus.bps.go.id, Rabu (19/2/2020).

Ke dua pimpinan daerah Provinsi Gorontalo ini mengikuti sensus penduduk secara online dirumah Jabatan masing-masing.

Usai mengisi 22 kuesioner, Gubernur Rusli Habibie mengatakan, selain mudah dan cepat, sensus penduduk berbasis online juga sangat efektif untuk menyalurkan informasi yang dibutuhkan dalam pendataan sensus penduduk 2020 ini.

BACA  Wisata Alam Meranti  Layak Dijual ke Luar

“Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat Gorontalo untuk segera mengisi data dan berpartisipasi dalam sensus penduduk secara online di tahun 2020 ini,” kata Rusli

Ditambahkannya, jika seluruh masyarakat Gorontalo berpartisipasi dalam sensus penduduk 2020, maka jumlah penduduk di Gorontalo bisa diketahui secara rill.

“Pastikan anda tercatat pada Sensus Penduduk 2020. Mari bersama mencatat Indonesia,” pesan Rusli

Sementara itu Kepala BPS Provinsi Gorontalo Herum Fajarwati menambahkan bahwa sensus penduduk secara online ini memudahkan masyarakat termaksud BPS dalam mendata penduduk Indonesia. Bagi yang sudah terdata secara online tidak akan di data oleh BPS. Namun bagi yang belum mendata, maka BPS akan melakukan pendataan secara manual dengan tehnik wawancara.

BACA  Gubernur Gorontalo Lantik Dua Widyaiswara Ahli Utama

“Semua penduduk tercatat. Ada yang melalui online, ada juga yang dikunjungi di rumah-rumah untuk di wawancarai. Untuk online pendataannya sampai 31 Maret 2020, sehingga masih ada waktu satu bulan kedepan,”ungkap Herum.

Herum menambahkan bagi masyarakat yang punya kendala saat mendaftar online, bisa melapor ke BPS. Karena BPS siap untuk mendampingi masyarakat yang melakukan pendataan bareng sensus online.

BACA  Sembilan Kontestan Pilkada Positif Covid-19, KPU Siapkan Jadwal Tersendiri  

“Kita bantu nanti. Kita juga ada relawan dari mahasiswa yang peduli terhadap program Nasional ini yang siap membantu mendata masyarakat,” tandasnya.

 

Sekda Provinsi Gorontalo, Darda Daraba ketika mengisi kuesioner sensus penduduk secara online, Rabu (19/2/2020) di Rumah Jabatan Sekda Provinsi Gorontalo.(Foto : Istimewa)
Sekda Provinsi Gorontalo, Darda Daraba ketika mengisi kuesioner sensus penduduk secara online, Rabu (19/2/2020) di Rumah Jabatan Sekda Provinsi Gorontalo.(Foto : Istimewa)

Untuk pelaksanaan Sensus Penduduk secara online dapat diakses melalui situs sensus.bps.go.id. Adapun  dokumen kependudukan yang perlu dipersiapkan yaitu Kartu Tanda Penduduk Elektronik, Kartu Keluarga, Akta Nikah, serta Akta Cerai.(adv/rwf/hg)


Komentar