Senin, 30 Januari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Diduga Akibat Suhu Dingin, Aquarium Raksasa di Berlin Pecah

Oleh Admin Hargo , dalam Kabar Dunia , pada Minggu, 18 Desember 2022 | 08:05 Tag: , , , , ,
  Inilah AquaDom tahun 2015 silam, aquarium raksasa yang terpajang di sebuah hotel di Berlin. Aquarium ini meledak, pecah pada Jumat 16 Desember 2022 pagi waktu setempat. -Dok. AP Foto/ Joerg Carstensen-ABCnews.com

Hargo.co.di, BERLIN – Sebuah Akuarium raksasa di Hotel Radisson Collection, Berlin pecah pada Jumat 16 Desember 2022 pagi waktu setempat.

Pecahnya Aquarium setinggi 50 kaki atau setara 15,85 meter itu mengakibatkan 2 orang terluka dan 1500 jenis ikan tropis di dalamnya berhamburan.

banner 728x485

Para tamu hotel turut dievakuasi akibat insiden yang terjadi itu. Ikan-ikan yang selamat juga dievakuasi ke aquarium lain.

Polisi menyebut tak ada indikasi orang yang merusak aquarium tersebut. Diduga kaca aquarium pecah akibat suhu dingin, sehingga muncul retak. Suhu Berlin saat itu minus enam derajat celcius.

Menurut Wali Kota Berlin Franziska Giffey, peristiwa itu terjadi pukul 5:45 pagi. Akuarium berisi 1 juta liter air itu tiba-tiba pecah begitu saja. Belum diketahui pasti penyebabnya namun, Giffey mengaku bahwa pecahnya akuarium benar-benar sebuah kehancuran mutlak.

“Kami mungkin harus melaporkan kerusakan manusia yang parah di sini sekarang,” kata Giffey, mengutip ACBNews.com

Rekaman video yang beredar menampilkan ledakan akuarium pecah, airnya memenuhi lobi hotel, puing-puing berserakan di trotoar dan jalan luar hotel.

Seorang pengunjung hotel yang sedang menginap mengaku mendengar suara pecahan besar dan getaran.

Ketika ia melihat ke lobi, ia melihat air mengalir deras. Para tamu kemudian diantar keluar hotel oleh pasukan bersenjata.

Suhu dingin di Berlin disebut membuat ikan-ikan membeku sampai mati. Ia juga melihat parrotfish besar di lantai dalam keadaan membeku.

Dua tahun lalu, aquarium itu sempat dimodernisasi. Di dalamnya sempat ada lift untuk digunakan pengunjung. Aquarium itu tentunya menjadi daya tarik utama hotel. SEA LIFE Berlin, yang mengoperasikan AquaDom, menyebut Aquarium tersebut “akuarium terbesar, silindris, berdiri bebas di dunia”.

Dengan kejadian ini, SEA Life menutup AquaDom. “Karena insiden yang baru-baru ini dilaporkan sehubungan dengan AquaDom, sayangnya SEA LIFE Berlin ditutup sementara,” kata perusahaan itu di situs webnya.

Polisi pun turut meminta agar masyarakat di sekitar hotel berkendara dengan hati-hati sebab air dari aquarium itu juga tumpah ke jalanan.(DISWAY.id)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di DISWAY.id, dengan judul: “Aquarium Raksasa di Berlin Pecah, Polisi Duga Akibat Suhu Dingin“. Pada edisi Ahad, 18 Desember 2022.
(Visited 69 times, 1 visits today)

Komentar