Minggu, 5 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Diduga Over Kapasitas, Perahu Motor Antar Pulau Alami Kecelakaan

Oleh Zulkifli Tampolo , dalam Metropolis , pada Selasa, 1 Oktober 2019 | 11:00 AM Tag: , , ,
  Kepala Sub Seksi Sumber Daya, Basarnas Gorontalo, Muh Rizal. S.H memberikan keterangan pers terkait insiden yang terjadi di perairan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut)

Hargo.co.id – Kecelakaan transportasi laut, yang dikabarkan dialami oleh sebuah perahu motor antar pulau, diperairan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Minggu (29/09/2019), diduga disebabkan karena perahu tersebut telah over kapasitas.

Kepala Basarnas Gorontalo, Djefri D.T Meo,S.Pd melalui Kepala Sub Seksi Sumber Daya, Basarnas Gorontalo, Muh Rizal. SH dalam keterangan persnya di kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo, Senin (30/09/2019) menjelaskan, Minggu (29/09/2019) sekitar pukul 19.53 Wita, pihaknya menerima informasi tentang kecelakaan laut yang menimpa sebuah perahu motor, yang memuat 36 orang warga, bertolak dari Pelabuhan Pulau Saronde menuju Pelabuhan Kwandang.

“Dari penyampaian masyarakat yang menumpangi perahu tersebut, diduga perahu motor telah over kapasitas. Saat dalam perjalanan, perahu motor terhantam ombak sehingga air dengan mudah masuk dan memenuhi bagian dalam perahu. Saat itu juga beberapa orang penumpang sempat menghubungi keluarganya untuk meminta bantuan, sehingga kami lansung menerjunkan personil untuk melakukan evakuasi,” jelasnya.

Proses evakuasi sempat terkendala dengan kondisi para korban yang masih merasa trauma, sehingga petugas harus berupaya membujuk ke 36 penumpang tersebut, untuk naik ke perahu penyelamat, dikarenakan kapal milik Basarnas tidak dapat merapat ke lokasi.

“Tim kami berusaha membujuk para penumpang naik ke perahu karet, untuk kami antar ke kapal SAR, sebelum kami evakuasi ke Pelabuhan Kwandang. Kapal kami tidak dapat merapat ke lokasi, karena bisa menghantam karang,” tambahnya.

Berdasarkan pengakuan para penumpang, perahu motor tersebut memang sudah dalam keadaan penuh atau over kapasitas, saat bertolak dari Pelabuhan Pulau Saronde. Beruntung dengan gerak cepat tim Basarnas serta ditunjang dengan fasilitas yang memadai, pukul 23.30 Wita, 36 orang penumpang perahu motor antar pulau ini, telah berhasil dievakuasi dengan selamat ke Pelabuhan Kwandang.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat, utamanya bagi penyedia layanan transportasi laut antar pulau, agar dapat mengedepankan prosedur keselamatan, guna menghindari kejadian serupa,” harapnya. (zul/hg)

(Visited 13 times, 1 visits today)

Komentar