Selasa, 5 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Diduga Terkait Investasi Bodong, DKPP Segera Periksa Anggota Bawaslu Pohuwato 

Oleh Admin Hargo , dalam Bawaslu Sekitar Anda , pada Senin, 30 Mei 2022 | 00:05 Tag: , ,
  Ilustrasi. Logo DKKP

Hargo.co.id, GORONTALO – Sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) dikabarkan akan digelar di kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo pada Senin (30/04/2022). 

Informasi yang dirilis oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada Ahad (29/05/2022), sidang dugaan pelanggaran kode etik yang akan digelar sekitar pukul 09.00 Wita oleh DKPP tersebut, berkaitan dengan perkara nomor 22-PKE-DKPP/IV/2022. 

Pada rilis ini pihak DKPP menyebutkan bahwa perkara ini diadukan oleh ketua dan empat Anggota Bawaslu Provinsi Gorontalo, yaitu Jaharudin Umar, Rauf Ali, Rahmad Mohi, Idris Usuli, dan Ahmad Abdullah. Dalam hal aduan tersebut kelimanya mengadukan Anggota Bawaslu Kabupaten Pohuwato, Zubair S. Mooduto, yang diduga terlibat dalam bisnis investasi serta dinilai sering absen di kantor dan lalai dalam menjalankan tugasnya. 

Selain itu dijelaskan dalam rilis tersebut yaitu sesuai ketentuan Pasal 31 ayat (1) dan (2) Peraturan DKPP Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan DKPP Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Beracara Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum, sidang akan dipimpin oleh Anggota DKPP dan Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Provinsi Gorontalo. 

Melalui rilisnya Sekretaris DKPP, Yudia Ramli mengatakan, agenda sidang yang akan digelar adalah mendengarkan keterangan Pengadu dan Teradu serta Saksi-saksi atau Pihak Terkait yang dihadirkan. 

“DKPP telah memanggil semua pihak secara patut, yakni lima hari sebelum sidang pemeriksaan digelar. Selain itu sidang kode etik DKPP ini bersifat terbuka untuk umum,” kata Yudia Ramli. 

Sekretaris DKPP itu juga menambahkan, dimana sidang kode etik DKPP yang bersifat terbuka ini nantinya masyarakat dan media dapat atau bisa menyaksikan secara langsung jalannya sidang pemeriksaan atau melalui live streaming facebook DKPP, @medsosdkpp serta akun Youtube DKPP. (***) 

 

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 93 times, 1 visits today)

Komentar