ramadan2024

Diekspor ke Berbagai Negara, Perkeretaapian Indonesia Berkembang Pesat

×

Diekspor ke Berbagai Negara, Perkeretaapian Indonesia Berkembang Pesat

Sebarkan artikel ini

Hargo.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno ingin industri perkeretaapian Indonesia bisa semakin berkembang pesat. Menurutnya, industri perkeretaapian Indonesia memiliki potensi dan prospek bisnis yang besar, apalagi produk kereta buatan dalam negeri sudah dikenal handal di dunia internasional, khususnya kawasan Asia.

badan keuangan

PT Industri Kereta Api (INKA) sudah dikenal berpengalaman dalam memproduksi sarana perkeretaapian.

Berkat inovasinya, karya-karya anak bangsa melalui INKA pun kian melejit, salah satunya rangkaian kereta lengkap (train set) yang dioperasikan di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Belum lama ini INKA juga dipercayai memproduksi train set untuk perkeretaapian di Filipina. Sejak 1991 PT INKA telah mengekspor produknya ke Malaysia, Bangladesh, Singapura, Thailand, hingga Australia.

Example 300250

“Potensi yang kita miliki cukup besar. Ke depan industri perkeretaapian kita harus semakin maju dan paling terdepan,” ujar Rini usai menyaksikan MoU antara PT INKA dengan Politeknik Negeri Madiun di Kantor Pusat INKA, Jumat (8/6).

Adapun nota kesepahaman terkait kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pembentukan SDM. Ke depan kedua belah pihak juga berencana untuk membuka program studi perkeretaapian di Politeknik Negeri Madiun.

Terakhir, Rini berpesan agar INKA bisa terus berinovasi dalam menghadirkan sarana perkeretaapian yang handal dan modern guna menjawab kebutuhan transportasi Indonesia di masa mendatang.

Hari Kartini

“Saya selalu menekankan bahwa inovasi sangat penting dalam berkompetisi di era kini. INKA harus terus maju dan menjaga kehandalannya,” harap Rini.

(jpnn/pojoksatu/hg)


hari kesaktian pancasila