Kamis, 30 Juni 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Digagas Kerjasama Pakan Ternak dengan UMGo  

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Legislatif , pada Sabtu, 24 Juli 2021 | 18:05 Tag: ,
  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Roma Nasaru (kemeja putih polos) saat mengunjungi laboratorium pertanian dan peternakan di UMGo dan diterima oleh Wakil Rektor lll Salahudin Pakaya (kemeja putih paduan coklat). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Mempunya laboratorium peternakan dan pertanian terpadu yang terintegrasi, membuat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Roman Nasaru berencana menggagas kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo). Ini khusus di bidang produksi pakan ternak konsentrat dari tongkol jagung dan terungkap saat Roman Nasaru berada di lokasi laboratorium UMGo Sabtu (23/07/2021).  

Wakil Ketua DPRD Roman Nasaru mengatakan, kedatangannya tak lain meninjau laboratorium peternakan dan pertanian terpadu serta terintegrasi. Sekalian melihat dari dekat proses yang terjadi di laboratorium tersebut. Juga melihat potensi apa yang bisa dikembangkan dari laboratorium tersebut, termasuk rencana akan melakukan kerjasama kedepannya dalam hal pakan ternak. 

“Ternyata memang banyak potensi yang dapat dikembangkan melalui laboratorium tersebut. Saya berharap semoga kedepan bisa menjalin kerjasama dalam bidang pertanian dan peternakan, khususnya untuk pakan ternak dan hal lainnya,” jelas Roman Nasaru.  

Lanjut kata Roman Nasaru, program-program pertanian dan peternakan dari pemerintah sangat banyak, sehingga itu harus dimaksimalkan. Salah satunya melalui kerjasama, baik dengan masyarakat, ataupun dengan dunia pendidikan dan lainnya.  

“Untuk laboratoriumnya, sudah bagus dan tertata rapi. Mulai dari pengelolaan ternak ayam, penggemukan sapi dan kambing, budidaya ikan lele dan yang patut diapresiasi semuanya melibatkan mahasiswa dan itu sangat bagus, karena mahasiswa bisa belajar teori dan langsung prakteknya di laboratorium tersebut,” ungkap Roman Nasaru.  

Ia juga menambahkan, dengan melihat dari dekat seperti itu, keinginan untuk melakukan kerjasama ke depan sudah mulai direncanakan. Khususnya untuk pakan ternak dan jika itu dikelola dengan baik, bukan saja menguntungkan kami yang mempunyai ternak tetapi juga bisa mendidik mahasiswa bisa belajar dan berwirausaha melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan tersebut. 

“Semoga apa yang kita inginkan bisa segera terwujud dan program kerjasama bisa dilaksanakan dan pastinya menguntungkan kedua belah pihak,” harap politisi Nasdem ini. 

Sementara itu, Wakil Rektor II UMGo, Salahudin Pakaya, mengatakan, kunjungan ini merupakan satu motivasi, bukan saja secara pribadi baginya, Namun juga menambah spirit entrepreneurship para mahasiswa dalam belajar dan mengembangkan pertanian maupun peternakan di lingkungan Kampus UMGo. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo 

(Visited 23 times, 1 visits today)

Komentar