Sabtu, 22 Februari 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Digitalisasi Data Pemilu, Gorontalo Sabet Dua Penghargaan

Oleh Mufakris Goma , dalam KPU , pada Rabu, 11 Desember 2019 Tag:
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo, kembali mencatatkan prestasi di tingkat nasional. Dalam rapat koordinasi digitalisasi hasil Pemilu, yang diselenggarakan KPU RI di Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12) malam, KPU Provinsi Gorontalo membawa pulang dua penghargaan sekaligus, yang diterima komisioner KPU Provinsi Gorontalo, Sophian Rahmola.

Dua penghargaan itu masing-masing, juara dua ide kreatif digitalisasi hasil Pemilu 2019 se Indonesia, dan juara dua upload data digital ke open data KPU RI. “Untuk ide kreatif digitalisasi yang juara pertama adalah KPU Sulsel, mereka langsung aplikatif,” ujar Sophian Rahmola, kepada Gorontalo Post, semalam.

Ia mengatakan, prestasi ini diberikan karena ide kreatif digitalisasi Pemilu yang disampaikan KPU Provinsi Gorontalo, menarik perhatian KPU RI. “Jadi KPU lagi buat digitalisasi data hasil Pemilu, kita diminta ide, metode, cara dan kreativitas cara penyajian,”ujar Sophian. Proposal yang diajukan KPU Provinsi Gorontalo, ternyata menjadi yang terbaik, lantaran ide dan penyajian yang sesuai dengan harapan KPU.

“Jadi ada dua yang kita sampaikan, pertama berbasis web server, dan kedua berbasis android,”kata Sophian. Web server, linknya langsung dengan KPU RI, sedangkan basis android, data hasil KPU langsung dalam genggaman.

Nantinya, ide kreativitas yang disampaikan itu akan diadopsi KPU RI dan menjadi program nasional. “Ini murni kami yang buat, saya, kasubag data dan operator IT KPU Provinsi,”jelasnya.

Sementara untuk prestasi upload data digital ke open data KPU RI, Gorontalo menjadi yang terbanyak ke dua melakukan upload data.

“Termasuk juga KPU Kabupaten/kota di Gorontalo,”ujarnya. “Terima kasih tim data KPU Provinsi Gorontalo dan tim data KPU Kabupaten/kota se Gorontalo atas kerja kerasnya memelihara data pemilu 2019,”tutup Sophian Rahmalo. (gp/hg)