Jumat, 22 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dilaksanakan pada Tanggal yang Sama, Pilpres-Pileg 2019 Digelar Serentak

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Kabar Nusantara , pada Rabu, 5 April 2017 | 11:45 WITA Tag: , , , , ,
  


JAKARTA Hargo.co.id – Pemilihan Umum 2019 bisa dipastikan berlangsung serentak. Pesta demokrasi lima tahunan itu akan dilaksanakan dalam tanggal dan hari yang sama. Yaitu, diadakan pada waktu pelaksanaan pemilihan umum legislatif. Kepastian tanggal dan harinya diserahkan kepada pemerintah.

Wakil Ketua Pansus RUU Pemilu Yandri Susanto mengatakan, sekarang panitia kerja (panja) terus bekerja untuk menuntaskan pembahasan pasal-pasal dalam undang-undang yang baru. ’’Poin krusial sudah disepakati dan dikerucutkan,” jelas dia saat ditemui di kompleks parlemen, Senayan, kemarin (4/4).

BACA  KTP Dipinjam Teman, Nama Sarah Beatrice Masuk di Daftar Korban Sriwijaya Air

Salah satu poin yang sudah disepakati ialah pelaksanaan pemilu. Menurut dia, semua fraksi sepakat pemilu dilaksanakan secara serentak. Yang dimaksud serentak adalah dilaksanakan pada hari dan tanggal yang sama. Jadi, kata dia, pemilihan umum legislatif (pileg) dan pemilihan umum presiden (pilpres) digelar di hari yang sama pada 2019.

BACA  Januari dan Februari Puncak Musim Hujan, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Hari dan tanggalnya, lanjut Yandri, belum ditentukan. Yang dicantumkan dalam RUU adalah pemilu dilaksanakan serentak pada tanggal dan hari yang sama. Sementara itu, kepastian waktunya diserahkan kepada pemerintah dan KPU. ’’Kepastian hari dan tanggalnya tidak bisa dicantumkan dalam undang-undang,” jelas politikus PAN itu.

BACA  Diduga Habis Nyabu, Pria di Gorontalo Diamankan Polisi

Anggota Pansus RUU Pemilu Achmad Baidowi mengatakan, pemilu serentak diperkirakan berlangsung antara April dan Juli 2019. April biasanya adalah jadwal pileg dan Juli merupakan waktu pilpres. Dua waktu akan dijadikan satu dengan pemilu serentak. Karena itu, muncul dua pilihan antara April dan Juli.

Laman: 1 2


Komentar