Jumat, 5 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dilaksanakan pada Tanggal yang Sama, Pilpres-Pileg 2019 Digelar Serentak

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Kabar Nusantara , pada Rabu, 5 April 2017 | 11:45 WITA Tag: , , , , ,
  


Namun, dia mengusulkan agenda tersebut dilaksanakan pada April. Sebab, kata dia, jika dilaksanakan Juli, waktunya sangat mepet. ’’Agustus itu sudah ada yang dilantik,” ungkapnya. Jika diselenggarakan pada April, masih ada waktu untuk menyelesaikan sengketa pemilu. Dalam waktu tiga bulan, sengketa sudah rampung.

Wasekjen DPP PPP tersebut menambahkan, jika dilaksanakan Juli, waktu sengketa sangat mepet. Jadi, lebih baik pemilu digelar pada jadwal pileg, April. Agustus bisa dilakukan pelantikan anggota DPR, DPRD, dan DPD yang terpilih. Presiden terpilih juga bisa dilantik.

BACA  Muhammadiyah Umumkan Awal Puasa Ramadan 1442 Hijriah

Awiek, panggilan akrab Achmad Baidowi, mengatakan, pemerintah diminta melakukan kajian dan simulasi dalam pelaksanaan pemilu. Hasil kajian itu nanti disampaikan dalam rapat panja. Dengan begitu, didapat gambaran seperti apa jika pemilu diselenggarakan pada April dan bagaimana jika digelar pada Juli.

BACA  ‘Si Jago Merah’ Ngamuk di Jalan Andalas, 'Alifa Laundry' Terbakar

Yandri menambahkan, pembahasan RUU Pemilu ditargetkan tuntas pada 28 April. ’’Sekarang masih pembahasan oleh panja,” paparnya. Jika tidak selesai akhir bulan ini, pembahasan akan diperpanjang sampai Mei. Namun, dia tetap optimistis pembahasan tuntas pada akhir bulan ini. Lima poin krusial yang belum disepakati, lanjut dia, akan dituntaskan dalam rapat panja. Kalau tidak rampung, poin itu diputuskan dalam rapat pleno pansus. (JPG/hargo)

BACA  Selain Nurdin Abdullah, Lima Orang dan Rp 1 M Diamankan KPK

Laman: 1 2


Komentar