Kamis, 4 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Din Syamsuddin: Peradaban Manusia tengah Menghadapi Masalah

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Sabtu, 6 Februari 2021 | 20:05 WITA Tag: ,
  Prof. Dr. Din Syamsuddin. (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, JAKARTA – Ketua Umum PP Muhammadiyah 2005-2015 Din Syamsuddin menjadi salah satu pembicara dalam Perayaan Al Azhar untuk Hari Persaudaraan Kemanusiaan se-Dunia di Mesir secara virtual.

Din Syamsuddin menyampaikan pentingnya peran organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan dalam menyelesaikan berbagai persoalan.

“Peradaban manusia tengah menghadapi masalah yang menciptakan disrupsi besar. Maka, adalah tanggung jawab organisasi keagamaan untuk tampil sebagai penyelesai masalah,” kata Din dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, sebagaimana dilansir JPNN.com, Sabtu (6/2).

BACA  Soal Nasib Kompol Yuni, Kadiv Propam: Saya Pastikan Dipecat dan Dipidana!

Kendati begitu, ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia 2015-2020 itu menekankan ormas harus tampil dengan kerja sama antarumat berbagai agama.
Menurut mantan Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antar-Agama dan Peradaban itu, kemitraan antarumat beragama sedunia sangat mendesak.

“Walaupun agama-agama berbeda secara teologis, tetapi mereka bertemu pandangan pada titik kemanusiaan. Agama memang dari Tuhan, tapi sejatinya untuk manusia dan kemanusiaan. Maka, tidak ada pemisahan antara persaudaraan keimanan dan persaudaraan kemanusiaan. Keduanya bagaikan dua sisi mata uang,” katanya.

BACA  Akhir Februari Kemendagri Lantik 170 Kepala Daerah Hasil Pilkada

Guru Besar Politik Islam Global FISIP UIN Jakarta itu menyarankan agar Perayaan Hari Persaudaraan Kemanusiaan se_Dunia di Mesir tidak berhenti pada seremoni dan diskusi saja. Namun, katanya, harus berlanjut pada aksi nyata kolaborasi umat lintas agama dalam membangun koeksistensi damai dan toleransi.

BACA  SE Kapolri: Tersangka Kasus UU ITE yang Meminta Maaf Tak Perlu Ditahan

Menurutnya, koeksistensi damai dan toleransi perlu berlanjut pada kolaborasi dalam berbagai sektor peradaban.(antara/jpnn/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Din Syamsuddin: Peradaban Manusia tengah Menghadapi Masalah“. Pada edisi Sabtu, 06 Februari 2021.

Komentar