Selasa, 26 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dinas Lingkungan Hidup Perlu Lakukan Terobosan Pengelolaan Sampah

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Minggu, 15 Agustus 2021 | 18:05 PM Tag: , ,
  Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Hendra Abdul

Hargo.co.id, GORONTALO – Komisi III DPRD Kabupaten Gorontalo menilai Dinas Lingkungan Hidup dan SDA belum berhasil melakukan pengolahan sampah yang efektif dan ideal.  Hingga saat ini, SKPD tersebut hanya melaksanakan program kerja normatif.

“Jumlah sampah setiap tahun terus meningkat. Model pengelolaan sampah R3 (reduce, reuse, recycle) mulai dari rumah-rumah penduduk dengan menerapkan program manajemen sampah zero adalah terobosan yang pantas dilakukan,” kata Anggota Komisi III, Hendra Abdul. 

Ditambahkan oleh Hendra Abdul, manajemen sampah zero merupakan konsep pengelolaan dan pengolahan sampah yang bisa menjadi solusi dalam menanggulangi sampah rumah tangga. 

“Prinsip manajemen sampah zero antara lain pemilahan sampah langsung di sumber, pengolahan sampah di dekat sumber, pelibatan masyarakat dengan pemerintah. Bila dijalankan maka pengolahan sampah akan mudah diolah,” ujar Hendra Abdul.  

Ia menyampaikan, untuk mengajak masyarakat agar memilah sampah di sumbernya langsung, tugas pemerintah melakukan edukasi, kemudian menyediakan fasilitas untuk mengolah sampah. 

“Banyak daerah-daerah yang berhasil dengan konsep ini, terbukti bukan hanya mampu mengatasi masalah sampah tetapi juga memberikan pendapatan tambahan bagi masyarakat yang terlibat,” ungkapnya.

Karena itu, Hendra Abdul berharap, konsep manajemen sampah zero dapat dilakukan oleh pemerintah agar sampah yang bersumber dari rumah tangga benar-benar teratasi. “Keinginan kita sama, bagaimana pengelolaan sampah di daerah dapat tertata dengan baik,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 8 times, 1 visits today)

Komentar