Jumat, 14 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dinas Pendidikan Tetap Jaga Kualitas Pendidikan di Masa Pandemi

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Kamis, 29 April 2021 | 12:05 WITA Tag:
  Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara, Irwan A. Usman


Hargo.co.id, GORONTALO – Terhadap kualitas pendidikan yang ada di Gorontalo Utara (Gorut), tetap terjaga di masa pandemi. Artinya, tetap menjadi perhatian oleh Dinas Pendidikan agar menghasilkan generasi yang cerdas. 

Ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan, Irwan A. Usman saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini. Menurut Irwan A. Usman , kualitas pendidikan yang ada di Gorontalo Utara ini, harus tetap dijaga bahkan ditingkatkan. 

“Dan salah satu indikatornya melalui pelaksanaan ujian akhir yang saat ini tengah dilaksanakan,” ungkapnya.

Untuk mengukur kompetensi pendidikan terutama terhadap anak didik, tentu ada beberapa indikator yang menjadi penilaian yang dilakukan oleh setiap satuan pendidikan dalam jenjangnya masing-masing. 

“Seperti halnya dalam penyusunan soal yang digunakan untuk ujian sekolah, itu melibatkan tenaga ahli dalam bidang pelajaran masing-masing dari setiap sekolah,” jelasnya.

Alasan lainnya penggunaan soal yang terfokus dan merata untuk seluruh satuan pendidikan yang ada di Gorontalo Utara ini, kata Irwan A. Usman, hal itu juga untuk melihat sampai sejauh mana pemerataan pendidikan yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan yang ada di daerah ini. 

“Dengan menggunakan soal yang sama di seluruh satuan pendidikan, ini juga berguna untuk pemetaan kompetensi pendidikan yang ada, sehingga dapat dilihat daerah mana yang masih perlu untuk digenjot lagi,” kata Irwan A. Usman.

Tak hanya itu saja, dalam hal pengawasan yang dilakukan dalam pelaksanaan ujian sekolah ini dilakukan dengan menggunakan pengawasan silang. 

“Sehingga independensi dalam pelaksanaan ujian tersebut tetap terjaga, sehingga kualitas pendidikan yang ada di daerah selama masa pandemi tetap terjaga dan dapat ditingkatkan,” pungkasnya. (abk/adv/hargo)

BACA  Syarat Masuk SD di Gorontalo Utara, Harus Lulus TK

Komentar