Sabtu, 12 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dinas Pertanian Gorontalo Utara Bangun Bengkel Alsintan

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Selasa, 1 Juni 2021 | 12:05 WITA Tag:
  Bengkel Alsintan yang tengah dibangun oleh Dinas Pertanian, Gorontalo Utara. (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Sebagai bentuk pemeliharaan, Dinas Pertanian Gorontalo Utara (Gorut) membangun bengkel Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Bengkel ini nantinya juga berfungsi sebagai garasi Alsintan ketika belum digunakan agar tidak parkir sembarangan. 

Ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Gorontalo Utara, Kisman Kuka ketika ditemui di ruang kerjanya. Kepada media ini, Kisman Kuka menjelaskan bahwa pihaknya segera memiliki bengkel Alsintan. 

“Bangunan ini semacam bengkel atau garasi untuk Alsintan dan juga ada ruangan sebagai kantor bagi Brigade Alsintan tingkat kabupaten,” ungkap Kisman Kuka.

Anggaran untuk pembangunan bengkel atau garasi Alsintan tersebut, menurut keterangan yang disampaikan oleh Kisman, berasal dari anggaran daerah atau dari dinas sendiri. 

Ada alasan tersendiri bagi pihaknya untuk membangun garasi atau semacam bengkel sekaligus kantor atau ruang kerja bagi Brigade Alsintan. Menurutnya, selama ini Alsintan yang ada di Gorontalo Utara, hanya terparkir begitu saja di tempat-tempat yang kosong di seputaran kantor dinas. 

“Seperti Alsintan yang itu (sambil menunjuk salah satu traktor yang terparkir di belakang Kantor Dinas Pertanian) hanya terparkir begitu saja, harusnya ada tempat tersendiri untuk memarkirkan Alsintan yang tidak terpakai atau rusak,” kata Kisman Kuka.

Dengan adanya tempat parkir atau garasi sekaligus bengkel tersebut, diharapkan Alsintan yang terbengkalai akan segera ditempatkan dalam satu lokasi. Jika ada kerusakan, maka akan dihubungi teknisi untuk segera diperbaiki, biar Alsintan yang ada tetap terawat dan terpelihara dan yang paling penting dapat digunakan.

Dirinya juga berharap agar di setiap kecamatan yang ada di Gorontalo Utara, dapat juga didirikan semacam garasi atau bengkel tempat untuk memarkirkan Alsintan yang ada. 

“Biar lebih terkoordinir dan aset daerah tersebut dapat lebih terpelihara dengan baik. Untuk anggarannya itu dapat dianggarkan melalui kecamatan,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

BACA  Tak Ada dalam Formasi CASN 2021, Penyuluh Temui Wabup

Komentar