Sabtu, 29 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



DIPA dan TKDD Gorontalo Utara 2022 Sebesar Rp 706,2 Miliar 

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Minggu, 5 Desember 2021 | 12:05 PM Tag: , ,
  Dokumen DIPA dan TKDD 2022 yang diterima langsung Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin dari Wagub Gorontalo, Idris Rahim. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin mengungkapkan bahwa Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran (TA) 2022 mengalami kenaikan. DIPA dan TKDD Gorontalo Utara pada 2022 sebanyak Rp 706,2 Miliar.

“Jika dibanding tahun sebelumnya, kita DIPA dan TKDD mengalami kenaikan. Pada 2021 DIPA dan TKDD Gorontalo Utara yakni. Rp 678,74 Miliar. Pada 2022, DIPA dan TKDD sebesar Rp 706,2 Miliar. Alhamdulillah mengalami kenaikan dari tahun 2021,” ungkap Indra Yasin. 

Masih pada kesempatan yang sama, Indra Yasin mengungkapkan bahwa pada 2022 mendatang, pihaknya masih fokus pada pencegahan Covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat.

Perlu dijelaskan, beberapa hari lalu, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo telah menyerahkan ke pemerintah provinsi dan kabupaten/kota secara serentak untuk DIPA TKDD untuk Tahun Anggaran (TA) 2022. DIPA dan Daftar Alokasi TKDD merupakan dokumen APBN yang sangat penting untuk menjadi acuan bagi para menteri, pimpinan lembaga, dan kepala daerah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan secara kolaboratif. 

Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, TKDD meliputi DBH Pajak dan Sumber Daya Alam, Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan non fisik, Dana Insentif Daerah (DID) dan Dana Desa (DD). Kebijakan TKDD diarahkan untuk peningkatan quality control anggaran, mendorong pemerintah daerah dalam pemulihan ekonomi, serta peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan dalam rangka mendukung pemulihan dan penguatan ekonomi nasional 2022 mendatang. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 18 times, 1 visits today)

Komentar