Minggu, 20 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dipakai Anggota Polda, Propam Sita Tiga Motor Bodong

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Rabu, 28 September 2016 | 10:06 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id GORONTALO – Penggunaan sepeda motor tanpa surat-surat kendaraan ternyata tidak hanya marak di kalangan masyarakat. Para anggota kepolisian yang sejatinya menjadi contoh dan penegak aturan ternyata juga tak banyak yang menggunakan sepeda motor yang sering disebut motor bodong itu.

Hal ini sebagaimana terungkap dalam razia Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktiblin) yang digelar Bidang Profesi dan Pengamanan (PROPAM) Polda Gorontalo, Selasa, (27/9). Pantauan Gorontalo Post, operasi Gaktiblin ini digelar di pintu masuk Polda Gorontalo.

Anggota Propam yang berjumlah sekira 5 orang itu stand by sejak pagi. Satu demi satu anggota Polda yang melewati pintu gerbang dilakukan pemeriksaan. Layaknya sedang ada swiping, para anggota Polda diminta menunjukan kelangkapan surat-surat kendaraan.

BACA  Satu Unit Rumah di Tilamuta Dilalap Api

Yang ironi, ternyata, ada sepeda yang tidak sesuai standar dan ketentuan peraturan lalu lintas. Tiga diantaranya tidak memiliki surat-surat kendaraan alias bodong. Satunya lagi tidak memiliki kaca spion.

Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Hengkie Kaluara melalui Kabid Propam AKBP Wirdo Nevisco mengatakan, operasi Gaktiblin di kalangan anggota kepolisian dilakukan guna menanamkan kedisiplinan dan profesionalitas kepada anggota Polda Gorontalo.

Hal ini juga berkaitan dengan upaya menumbuhkan semangat integritas anggota kepolisian di mata masyarakat.
“Sasaran Gaktiblin kali ini adalah kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor dan pemakaian atribut kendaraan seperti helm, kaca spion, knalpot, dan pemakaian stiker pada motor maupun mobil,” jelasnya.

BACA  Akses Menuju SDN 12 Tabongo Butuh Perhatian 

Wirdo mengungkapkan, kendaraan yang terjaring dalam operasi tersebut sebanyak 4 unit sepeda motor. Tiga di antaranya tidak memiliki surat–surat alias bodong. Selain itu, petugas juga menahan sepeda motor milik salah satu anggota yang tidak memiliki kaca spion.

“Operasi ini dilaksanakan agar tak hanya masyarakat saja yang diharuskan akan kelengkapan surat-surat kendaraan. Tapi juga anggota kepolisian yang semestinya harus menjadi teladan bagi masyarakat,” terangnya.

BACA  Dipuji Bersuara Merdu, Malah Tikam Teman Sendiri 

Wirdo menegaskan, setiap anggota Polri wajib memiliki SIM, kelengkapan surat-surat, dan atribut berkendaraan serta jauh dari pemakaian kendaraan bodong. Operasi Gaktiblin ini akan rutin dilaksanakan Propam Polda Gorontalo dan jajaran untuk menekan angka keterlibatan anggota dalam pemakaian kendaraan bermotor bodong.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Mosyan Nimitch, sepeda motor bodong yang digunakan anggota kepoisian akan dilakukan penahanan. Ada pun pemilik sepeda motor akan diberikan sanksi kedisiplinan. (tr-53/hargo)


Komentar