Selasa, 29 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dirikan Koperasi Guna Maksimalkan Sektor Perikanan dan Kelautan

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Legislatif , pada Senin, 9 Desember 2019 | 17:05 WITA
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Gustam Ismail menegaskan bahwa sektor perikanan memiliki potensi yang sangat besar, hanya saja belum dimanfaatkan dan dikelola secara maksimal. Salah satu hal yang dapat meningkatkan pengelolaan sektor perikanan yakni melalui wadah koperasi perikanan.

“Memang untuk sektor perikanan yang ada di daerah ini potensial dan menjanjikan, hanya saja perlu pengelolaan yang serius dan salah satunya perlu didirikan koperasi perikanan,” ungkapnya.

BACA  Bersih-bersih Lapangan Likada, Cara Merlan Uloli Manfaatkan Akhir Pekan

Gustam menegaskan bahwa dengan adanya koperasi perikanan akan membuka peluang yang lebih untuk ikut berpartisipasi dalam menjalankan usahanya. Semakin besar usaha yang dikelolah oleh para nelayan ini kata Gustam, maka semakin meningkat kesejahteraan mereka dalam menunjang aktivitas sebagai pelaut.

Masih kata Gustam, Pemerintah daerah juga sangat diharapkan untuk melakukan terobosan baru dalam mendukung penuh aktivitas pelaut, untuk mendirikan koperasi perikanan. “Kalaupun hal ini dapat disikapi dengan baik, maka perekonomian nelayan bisa meningkat,” ujarnya.

BACA  1.000 Korban Banjir Bandang di Pohuwato Terima Bantuan Pemprov

Untuk koperasi perikanan yang ada di Kabupaten Gorut hanya mencapai 8 unit sebagaimana data yang diperoleh dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan dan UKM kata Gustam, dan hanya tersebar di 6 kecamatan.

“Diharapkan melalui koperasi perikanan ini, ada persatuan yang tercipta diantara para nelayan terutama dalam menjalankan aktivitasnya sebagai pelaut. Ada kegiatan yang produktif yang dapat dilakukan oleh para nelayan dalam menjalankan usaha agar dapat menunjang kehidupan yang lebih layak lagi dan juga tentu terciptanya kerjasama antar nelayan dalam menjalankan berbagai usaha,” kata Gustam.

BACA  Berikut Data Kerugian dan Korban Banjir di Bulawa

Pemerintah daerah diharapkan oleh politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut untuk dapat membangun dan menciptakan terobosan baru dalam rangka mendukung penuh pendirian koperasi dan juga pemberdayaan perikanan daerah.

“Agar dapat berjalan dengan lancar dan sukses dan hasilnya maksimal, dalam pendirian koperasi juga memerlukan pendampinan dan penguatan usaha,” tandasnya. (adv/abk/hg)


Komentar