Minggu, 12 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dirikan Markas Militer di Wilayah Sengketa, Tiongkok Langgar Perjanjian dengan India

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Dunia , pada Minggu, 28 Juni 2020 | 00:05 WITA Tag: , ,
  Foto satelit dari Maxar Technologies menunjukkan bahwa People’s Liberation Army mendirikan markas di Lembah Galwan (Maxar Tech/AFP)


Hargo.co.id, KASHMIR – Tiongkok melanggar perjanjian di wilayah perbatasan dengan India. Melalui foto satelit pada Senin (22/6), People’s Liberation Army (PLA) terlihat mendirikan markas militer di dalam LAC (Line of Actual Control). Lokasi tersebut tepat di wilayah konflik militer yang menewaskan 20 tentara India.

BACA  Terkait Sengketa Perbatasan dengan Tiongkok, India Pesan Puluhan Pesawat Tempur Rusia

Seperti yang dilansir Jawapos.com, Foto di wilayah Patrol Point 14 itu diambil oleh perusahaan teknologi luar angkasa Maxar. Foto tersebut menunjukkan beberapa barak untuk tempat tinggal tentara Tiongkok. Sekaligus, fakta bahwa Tiongkok memang memasang dam di wilayah sungai meski air tak lagi disumbat.

BACA  Mendaftar Online, Salat Jumat di Singapura Diawasi Ketat Polisi

Padahal, foto di lokasi yang sama pada akhir Mei menunjukkan bahwa hanya satu tenda yang dibangun di lokasi tersebut. Rabu lalu, kedua pihak sudah setuju untuk melakukan deeskalasi dan menaati aturan di LAC.

’’Ini mengkhawatirkan. Jelas Tiongkok memilih untuk memperkuat infrastruktur, bukannya mematuhi perjanjian dan mundur,’’ ujar Punchok Stobdan, pakar perbatasan India-Tiongkok, kepada BBC.(jawapos/hg)

BACA  Tiger Yang

 

 

 

 

 

*) Artikel ini telah diterbitkan oleh Jawapos.com dengan judul: “Diharapkan Berunding, Tiongkok Justru Perkuat Markas di Lembah Galwan“. Pada edisi Sabtu, 27 Juni 2020.

Komentar