Selasa, 6 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dirjen Bina Pemdes Cek Kesiapan Pilkades Kabupaten Gorontalo

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Jumat, 5 Maret 2021 | 23:35 WITA Tag: , , ,
  Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo bersama Wakil Bupati Gorontalo, Hendra Hemeto saat menerima kunjungan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri, Yusharto Huntoyungo, di Rumah Dinas Bupati, Jum’at, (05/03/2021). Foto: Humas Kominfo Kabgor


Hargo.co.id, GORONTALO – Jelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Gorontalo, Pemerintah daerah setempat menerima kunjungan dari Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri), Yusharto Huntoyungo.

Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, Kunjungan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri tersebut berkaitan dengan pelaksanaan Pilkades di 89 Desa di Kabupaten Gorontalo yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 maret 2021 nanti.

Selain membahas tentang pelaksanaan pilkades, lanjut Nelson Pomalingo, pada Pertemuan tersebut juga dibahas tentang dana desa serta beberapa program desa yang dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo

BACA  Tata Cara Pengisian LHKASN Disosialisasikan di Kabupaten Gorontalo

Dikatakan Nelson Pomalingo, Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbub) tentang pilkades di kabupaten Gorontalo mendapatkan apresiasi dari Dirjen Bina Pemdes Kemendagri. Dengan adanya peraturan tersebut, diharapkan bisa memberikan hasil yang lebih baik.

“Kementerian juga mengapresiasi pelaksanaan pilkades di Kabupaten Gorontalo karena punya landasan Perda, Perbub serta berbagai regulasi yang telah disiapkan ” ujar Nelson Pomalingo usai menerima kunjungan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri, Yusharto Huntoyungo, di Rumah Dinas Bupati, Jum’at, (05/03/2021).

BACA  Tunjang Kinerja Petugas DI, Bidang SDA Dinas PUPR Prov. Gorontalo Terapkan e-PAKSI

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri, Yusharto Huntoyungo menambahkan, kunjungan tersebut juga bertujuan untuk memastikan protokol Kesehatan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri ) Nomor 72 tahun 2020 tentang Pilkades dapat diterapkan dengan baik.

Yusharto Huntoyungo mengatakan, Pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan survey terhadap kesiapan panitia pilkades dari tingkat kecamatan dan desa. Selain itu, kata Yusharto Huntoyungo, Pihaknya juga akan mengeluarkan kebijakan untuk mendukung pelaksanaaan Pilkades.

BACA  PT. Pindad Serahkan 5 Unit Ventilator ke Pemprov Gorontalo

Dalam wawancara tersebut, Yusharto Huntoyungo mengajak kepada semua pihak terkait untuk terus melakukan kordinasi dengan seluruh pihak , baik dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Gorontalo dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) maupun desa berdasarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

” Tentunya Koordinasi dilakukan secara terus menerus oleh jajaran atau pihak penyelenggaraan Pilkades terkait Pilihan penyelenggaraan Pilkades,” pungkas Yusharto Huntoyungo.(hiu/adv/hargo)


Komentar