Minggu, 29 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Disahkan Melalui Paripurna, Radio Gemilang Segera Berdiri 

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Rabu, 30 Maret 2022 | 06:05 Tag: ,
  Suasana paripurna pengesahan ranperda radio gemilang yang dihadiri oleh Wakil Bupati Hendra S Hemeto.

Hargo.co.id, GORONTALO – Radio Gemilang di Kabupaten Gorontalo bakal berdiri. Hal ini setelah dilakukan paripurna persetujuan rancangan peraturan daerah (Ranperda) Pendirian Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Gemilang, Senin (28/03/2022).

Ketua Pansus Syarifudin Bano mengatakan, dapat kami sampaikan bahwa hasil rumusan penyempurnaan Ranperda yang nanti akan kami sampaikan ini, dalam proses pembahasannya telah melalui kesepakatan bersama, baik dari seluruh Fraksi yang ada dalam keanggotaan Panitia Khusus (Pansus), maupun perwakilan pemerintah daerah melalui OPD terkait yang turut serta dalam pembahasannya. 

“Disamping itu pula hasil rumusan Ranperda ini sudah melalui proses Fasilitasi Gubernur, dimana beberapa catatan yang menjadi masukan untuk penyempurnaannya telah dilakukan penyesuaian sesuai hasil fasilitasi tersebut,” ungkap Syarifudin. 

Dikatakan Syarifudin, dalam proses pembahasan Ranperda Pendirian Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Gemilang ini beberapa regulasi yang menjadi acuan dalam pembahasannya. Baik yang berhubungan dengan Pendirian Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio 5 Gemilang, maupun yang secara umum menyangkut Pemerintahan Daerah. 

Termasuk yang berhubungan dengan Pedoman Pembentukan Produk Hukum Daerah, kewenangan Lembaga DPRD, diantaranya  Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,  Permendagri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Publik. Dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos Telekomunikasi dan Penyiaran. 

Nanti dalam ranperda tersebut, ada hal-hal yang telah dilakukan perubahan dan penyempurnaan terhadap draft Ranperda Pendirian Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Gemilang ini, baik Konsideran, Bab demi Bab serta pasal demi Pasal. 

“Dari hasil Pembahasan bersama oleh pansus dan Instansi terkait terhadap perubahan, penyesuaian, dan penyempurnaan Substansi Rancangan Perda Pendirian LPPL Radio Gemilang ini, seluruh fraksi dalam keanggotaan dewan berpendapat, bahwa Ranperda tentang pendirian LPPL Radio Gemilang tersebut dapat disetujui dan ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme ketentuan Peraturan perundangan yang berlaku untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah. 

“Sebagai bahan masukan terkait pendirian Radio Lokal Gemilang dipandang perlu adanya strategi untuk bisa terus mempertahankan eksistensi radio sebagai media massa dan media komunikasi masyarakat Kabupaten Gorontalo dan diharapkan pula Radio lokal ini kan lebih kreatif dan inovatif dalam menyajikan konten siaran serta mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi berbasis internet ataupun digital,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 18 times, 1 visits today)

Komentar