Selasa, 2 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Disangka Video Hujan Salju di Jakarta, Ternyata Busa dari Truk

Oleh Aslan , dalam Headline Kabar Nusantara , pada Minggu, 7 Mei 2017 | 09:00 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id JAKARTA – Video diduga hujan salju di Jakarta viral di media sosial. Dalam video yang beredar, terlihat gumpalan putih memenuhi sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Sabtu (6/5) sore hingga petang tadi.

Gumpalan putih itu berhamburan di lajur jalan terutama dari arah Bundaran Senaya yang mengarah ke Semanggi. Warga pun mengabadikannya karena busa di jalanan merupakan hal langka.

BACA  Diduga Mesin Bermasalah, Lion Air Gagal Terbang di Bandara Sepinggan Balikpapan

Pengguna jalan dan warga sempat menyangka busa itu salju. Namun, kabar yang beredar menyebut bahwa gumpalan putih itu ternyata busa yang meluber ke jalanan.

“Tadi ada yang bilang seperti es,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono kepada JawaPos.com, Sabtu (5/5).

BACA  Presiden Minta Masyarakat Lebih Aktif Sampaikan Kritik dan Masukan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memastikan bahwa informasi tentang salju turun di Jakarta adalah hoax.

“Saya jelaskan terkait fenomena yang beredar. Itu hoax, bukan merupakan fenomena salju,” ujar Kabag Humas BMKG, Hary Tirto Djatmiko, Sabtu (6/5/2017).

Hary mengaku sudah melihat video yang disangka hujan salju di Jakarta. Menurutnya, gumpalan putih dalam video tersebut merupakan tumpahan busa dari truk yang melintas di jalan tersebut.

BACA  Jubir Gubernur Sulsel Bantah Ada OTT

“Yang kedua, kalau melihat videonya, bukan merupakan hujan es. Jadi yang terjadi tadi sore adalah tumpahan busa dari truk yang melewat di jalan Sudirman, penjelasannya seperti itu,” tuturnya. (hg/elf/pojoksatu)


Komentar