Rabu, 14 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Diselesaikan di Kemendagri, Batas Wilayah Gorontalo Utara – Buol Tak Masalah Lagi

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 2 April 2021 | 06:05 WITA Tag: , ,
  Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu (batik merah) saat menerima surat yang berisikan point-point hasil rapat bersama dari Kemendagri. Ini terkait batas wilayah Gorontalo Utara dengan Buol, Kamis (01/04/2021) di Hotel Arya Duta, Jakarta. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Apa yang menjadi polemik selama ini terkait dnegan batas wilayah antara Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo dengan Buol, Sulawesi Tengah (Sulteng), sudah berakhir. Ini menyusul adanya pertemuan kedua belah pihak yang dimediasi Kemendagri di Hotel Arya Duta, Jakarta, Kamis (01/04/2021).

Kefua belah pihak sepakat tak mempersioalkan lagi batas wilayah yang tertuang dalam Surat Nomor:100/Pem/021/IV/2021. Isinya merupakan rumusan hasil rapat bersama antara pejabat dari Gorontalo Utara, Buol, Provinsi Gorontalo dan Sulteng, bersama dengan pihak Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

BACA  Indra Yasin Lantik 40 Pejabat Fungsional di Gorontalo Utara 

“Untuk point-point penting yang dihasilkan melalui rapat tersebut semuanya tertuang dalam Surat Nomor:100/Pem/021/IV/2021,” ungkap Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, saat dihubungi via seluler usai pelaksanaan rapat tersebut.

Sebelumnya Pemda Buol mempersoalkan batas wilayah di Desa Umu (Menyusuri Sungai Tolinggula melewati Desa Tolinggula Ulu, Desa Tolinggula Tengah, Desa Tolite Jaya, Desa Ilomangga, Desa Tolinggula Pantai).

BACA  UMKM Sulit Dapat Modal, OJK: Itu Hanya Persoalan Komunikasi

“Namun batas wilayah yang dipersoalkan tersebut kini tidak lagi, sesuai dengan rapat bersama yang dilakukan oleh kedua belah pihak dan juga pihak Kemendagri,” jelasnya.

Bahkan sikap tegas pemerintah Gorontalo Utara, terkait dengan persoalan batas wilayah Gorontalo Utara dengan Buol telah diajukan secara tertulis dengan Nomor: 100/pem/021/IV/2021. Surat tersebut ditandatangani oleh Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu. Sikap bupati disampaikan secara tertulis tersebut dengan mempertimbangkan berbagai hal dan juga merujuk pada berita acara Nomor: 47/BAD.III/VIII/2019 tertanggal 19 Agustus 2019.

BACA  Indra Yasin Optimis Gorontalo Utara Raih APE

“Dan untuk pertimbangan lain serta acuan regulasi juga turut disampaikan secara tertulis,” tandasnya. (abk/adv/hargo)


Komentar