Senin, 12 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Diskominfo Kabgor Gelar Pra Launching Desa Digital

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Jumat, 19 Maret 2021 | 05:05 WITA Tag: , ,
  Kadis Kominfo Kabupaten Gorontalo, Haris Tome saat memberikan sambutan dalam kegiatan Pra Launching Desa Digital di desa Hutadaa, Kecamatan Talaga Jaya, Kamis, (18/03/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo menjadikan program Digitalisasi desa atau Desa Digital sebagai salah satu program utama dalam upaya mempercepat pembangunan desa yang ada di Daerah itu.

Desa Digital sendiri merupakan suatu konsep tentang pengembangan desa dengan memanfaatkan teknologi digital, baik dalam pelayanan publik maupun pengembangan kawasan. Program ini diharapkan mampu menurunkan biaya dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat desa.

Terkait program tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Pra Launching Desa Digital di desa Hutadaa, Kecamatan Talaga Jaya, Kamis, (18/03/2021).

BACA  Haris Tome Terima Penghargaan dari Indonesia Awards Magazine

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kabupaten Gorontalo, Haris Tome mengatakan, Pra Launching desa digital tersebut diharapkan dapat mempermudah dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Terutama dalam memperoleh pelayanan administrasi.

Apalagi, kata Haris Tome, Di era globalisasi saat ini Smartphone bukan lagi barang langka di kalangan masyarakat. Hal ini tentu apat mempermudah masyarakat dalam mengakses internet.

“Kedepan semua apa yang kita inginkan bisa nanti melalui Smartphone. Misalnya kebutuhan masyarakat dalam pelayanan pengurusan surat menyurat dan layanan administrasi lainnya,” ungkap Haris Tome

BACA  HUT Ke-75 BSSN, Sandiman Asal Gorontalo Terima Penghargaan

Selain mempermudah masyarakat dalam memperoleh layanan administrasi dalam mengurus berbagai akta kependudukan, Lanjut Haris Tome, Desa digital juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan kesehatan hingga seni berbelanja online lewat pasar digital.

“Semuanya bisa nanti dikontrol lewat smartphone, melalui media sosial dengan segala kemajuan teknologi IT saat ini,” Ujar Haris Tome

Demi kelancaran berjalannya proses desa digital tersebut, Pihaknya menggandeng praktisi informasi teknologi (IT) dari kalangan anak muda berkualitas, Eko putra Nasaru, yang juga Founder Blod.ID Indonesia.

” Kami berharap dengan digelarnya Pra Launching Desa Digital di Hutadaa ini akan diikuti pula oleh desa desa lainnya di Kabupaten Gorontalo, bahkan Indonesia. Bahkan, Bisa jadi akan ada studi banding setiap desa desa di Indonesia di Hutadaa”, harapnya.

BACA  Pemkab Gorontalo Gelar Rakor Penanganan Konflik Sosial

Ditempat yang sama, Camat Telaga Jaya, Irham Maku mengatakan, melalui media sosial dan kemajuan IT, kebutuhan masyarakat akan cepat terealisasi.

“Desa digital ini sangat penting bagi masyarakat di era digitalisasi yang semakin maju dan berkembang, Apalagi ini sejalan dengan semangat presiden Jokowi, yang menggagas adanya Tol Langit,” ujar Irham Maku.(hiu/adv/hargo)


Komentar