Selasa, 5 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Diskominfotik Provinsi Gorontalo Terbitkan Buku Panduan Recak Digital

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 20 Mei 2022 | 02:05 Tag: ,
  Kabid Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfotik Provinsi Gorontalo, Zakiya Baserewan (kiri), saat menyerahkan manual book Panduan Remaja Cakap Digital kepada Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Marisa, I Nyoman Sarda. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo, menerbitkan buku Panduan Remaja Cakap Digital, untuk memandu para remaja khususnya di kalangan SMA dan SMK, agar mampu memanfaatkan media digital khususnya saat menggunakan media sosial dengan lebih cerdas, kreatif dan produksi. 

Buku yang diterbitkan khusus dalam rangka memandu para remaja untuk bermedia sosial dengan baik ini, dibagikan pada sekolah-sekolah yang menjadi lokasi pilot project program Remaja Cakap Digital (Recak Digital). 

“Kami menerbitkan buku panduan sebagai bagian dari program remaja cakap digital. Jadi, para Siswa dipandu bagaimana bermedia sosial dengan baik, serta menjadi remaja yg cerdas kreatif dan produktif dalam berinternet,”ujar Masran Rauf (Kadis Kominfotik Provinsi Gorontalo), Kamis (19/05/22). 

Kadis Kominfotik juga menambahkan, dimana lewat buku panduan tersebut diharapkan dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan literasi digital bagi anak usia remaja di Provinsi Gorontalo, sekaligus sebagai bahan bacaan bagi guru dan siswa dalam upaya meningkatkan literasi digital di sekolah. 

“Semoga buku panduan ini membantu sekolah – sekolah dalam mengembangkan kegiatan literasi digital di kalangan remaja,”tambah Masran Rauf. 

Sebagai informasi, manual book panduan literasi digital tersebut disusun oleh tim Recak Digital Diskominfotik Provinsi Gorontalo, dimana buku panduan ini berisi lima dimensi literasi media dan digital, yakni mengakses, menganalisis, berkreasi, refleksi, serta melakukan aksi dengan konten digital 

Selain itu buku tersebut diterbitkan dengan jumlah halaman sebanyak 80 dengan dimensi buku yang cukup kecil untuk dibawa kemana saja. Selain dalam bentuk cetakan, rencananya buku ini akan dikembangkan menjadi e-book yang dapat diakses melalui laman Pemerintah Provinsi Gorontalo. (***) 

 

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 24 times, 1 visits today)

Komentar