Senin, 3 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Disuarakan Lewat Reses Aleg, Warga Pontolo Atas Butuh Air Bersih

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Minggu, 2 Mei 2021 | 06:05 WITA Tag: , , ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, dari Partai Gerindra, Siswanto Biki bersama masyarakat Desa Pontolo Atas ketika lakukan reses akhir pekan lalu. (Foto : Alosius M. Budiman/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Tak banyak yang diinginkan warga di Desa Pontolo Atas, Kwandang. Mereka hanya menginginkan air bersih dan itu telah disuarakan melalui reses anggota legislatif (Aleg).

Informasi yang berhasil dihimpun, hal tersebut disuarakan saat anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Siswanto Biki lakukan reses di desa tersebut. Menurut Siswanto Biki, persoalan air bersih selama ini memang jadi perhatian tersendiri bagi dirinya sebagai wakil rakyat.

“Memang untuk kebutuhan akan air bersih masyarakat Pontolo Atas ini hanya bergantung dari satu sumber mata air yang berada di Puncak Pontolo,” ungkapnya.

Guna mendistribusi kepada 214 Kepala Keluarga (KK), itu telah dibangun bak penampung air. Pembangunan bak tersebut, Siswanto Biki harus merogoh koceknya.

“Bak penampungan air selama ini menjadi harapan masyarakat di Desa Pontolo Atas. Apalagi ketika musim kemarau tiba,” ungkap Siswanto Biki.

Masih pada kesempatan yang sama, Siswanto Biki mengungkapkan bahwa jarak mata air dari rumah penduduk cukup jauh. Inilah yang menjadi persoalan selama ini. Bagi Siswanto Biki, pemerintah daerah harus ikut ambil bagian dalam pemenuhan akan kebutuhan air bersih para warga Pontolo Atas. 

“Walaupun memang untuk 2021 ini, ada campur tangan dari Pamsimas melalui pengelolaan sumber mata air lainnya, namun untuk 2022, kebutuhan air ini tetap akan diusulkan,” tegasnya.

Kedepan diharapkan agar persoalan mendasar seperti ini tidak harus dialami oleh masyarakat jika ada kepedulian bersama.

“Kami para Aleg tetap akan berusaha semampu kami dan juga sesuai dengan kapasitas yang kami miliki, namun untuk pemenuhan program dan pelaksanaannya itu pemerintah daerah,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

BACA  Aset Daerah Minta Diperjelas, DPRD: Lakukan Pendataan, Terutama Statusnya

Komentar