Rabu, 7 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Disuguhi Atraksi Seni, Kapal Perang India Sandar di Tanjung Perak

Oleh Aslan , dalam Kabar Nusantara , pada Sabtu, 3 Juni 2017 | 02:00 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id – Surabaya kedatangan tamu asing lagi di Pelabuhan Tanjung Perak. Kali ini bukan kapal pesiar berisi wisatawan, melainkan kapal perang. Tak tanggung-tanggung, empat kapal perang asal India bersandar di tepi laut Surabaya pada Kamis pagi (1/6).

Empat kapal itu adalah Indian Navy Ship (INS) Sahyadri, INS Shivalik, INS Jyoti, dan INS Kamorta. Keempatnya tiba di Surabaya setelah beberapa hari mampir di Jakarta.

Angkatan laut India tersebut datang ke Surabaya dalam rangka kunjungan kenegaraan. Begitu merapat, mereka disambut Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto. ’’Meskipun bukan kunjungan pertama INS, kunjungan tersebut tetap sangat penting bagi kami untuk merekatkan kerja sama angkatan laut kedua negara,” tutur Edi dalam sambutannya.

BACA  Nama Cita Citata Ada dalam Daftar Penerima Aliran Dana Bansos

KUNJUNGAN: Kapten INS turun dari kapal di Terminal Zamrud Pelabuhan Tanjung Perak.

KUNJUNGAN: Kapten INS turun dari kapal di Terminal Zamrud Pelabuhan Tanjung Perak. (Ahmad Khusaini/Jawa Pos/JawaPos.com)

Kapal tersebut menepi di Tanjung Perak hingga 5 Juni. Pada hari pertama Kamis (1/6), puluhan kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) berkesempatan mengunjungi kapal yang masing-masing sepanjang 109 meter itu. Sebaliknya, kapten dan anak buah kapal (ABK) INS menyambangi markas Koarmatim di Ujung.

Tidak hanya ke markas TNI-AL, ABK INS juga dijadwalkan mengunjungi PT PAL dan Kantor Wali Kota Surabaya meskipun sifatnya masih tentatif. ABK akan memiliki banyak waktu untuk mengeksplorasi sebagian Surabaya. Rencananya, para ABK INS menyuguhkan pertunjukan musik di Taman Bungkul, Surabaya. Dengan begitu, mereka juga bisa berinteraksi dengan masyarakat lokal.

BACA  Masuk Wilayah PNG Tanpa Dokumen, Gubernur Papua Lukas Enembe di Deportasi

Kapal perang tersebut tidak hanya membawa prajurit angkatan laut India. Mereka juga membawa sejumlah seniman yang akan mementaskan kesenian India. Kapan masyarakat bisa menikmati pertunjukan itu? Tepatnya pada momen open ship. Ya, INS akan menggelar open ship untuk warga selama dua hari, yakni Sabtu (3/6) dan Minggu (4/6). Dalam kesempatan itu, warga bisa menilik langsung bagian dalam kapal yang masing-masing mampu mengangkut 100–200 ABK tersebut.

Kedatangan empat kapal itu bertepatan dengan bulan Ramadan. Namun, mereka berharap momen puasa tidak menghalangi semangat para prajurit TNI-AL maupun warga Surabaya untuk menyambut kedatangan tentara India tersebut. Karena itu, akan ada beberapa olahraga untuk kalangan petinggi Armada Timur. Cukup olahraga ringan, seperti golf dan senam pagi.

BACA  Ini Kata Bambang Widjojanto Terkait Gugatan Terhadap Penggerak KLB Deli Serdang

INS Jyoti dan kawan-kawan bakal berlayar lagi pada Senin pagi (5/6). Tujuan mereka setelah Surabaya adalah Papua Nugini dan Australia. Khusus di Australia, mereka akan melaksanakan latihan gabungan dengan angkatan laut setempat. Edi tidak lupa berpesan kepada ABK untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya selama di Surabaya. ’’Semoga bisa menikmati dan bersantai selama di Surabaya sebelum kembali mengemban tugas,” pesannya. (hg/deb/c7/git)


Komentar