Jumat, 22 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ditargetkan Selesai 2017, Transmart Gorontalo Bakal Molor

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi , pada Kamis, 15 Desember 2016 | 12:43 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id GORONTALO – Pembangunan Transmart-Carefour yang ditargetkan akan beroperasi pada 2017 bakal molor. Ini menyusul realisasi investasi yang digadang-gadang akan menjadi salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Gorontalo itu masih jalan di tempat.

Sebelumnya, groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Transmart-Carefour sudah dilakukan pada akhir Juni 2016 silam.

Saat itu, pembangunan Transmart dimana salah satu pesahamnya adalah putra Gorontalo itu ditargetkan akan selesai tahun 2017 mendatang.

Bahkan, setelah konstruksi mall terbesar kedua yang akan dibangun di jalan John Aryo Katili, eks jalan Andalas ini selesai, akan menyerap sedikitnya 500 sampai 700 tenaga kerja baru.

Meski belum mendapatkan konfirmasi resmi, saat ini pihak Transmart-Carefour sendiri terinformasi sudah melakukan perekrutan tenaga kerja.

Dari pantauan Gorontalo Post sendiri, hingga saat ini belum ada aktivitas pembangunan fisik gedung pusat perbelanjaan itu, padahal sudah ada beberapa tiang panjang di lokasi pembangunan.

Dari hasil Kajian Ekonomi Regional (KEKR) Bank Indonesia (BI), hingga menjelang awal Triwulan IV 2016, progres pembangunan salah satu pusat perbelanjaan yang memiliki nilai investasi sebesar Rp 400 Miliar itu belum berjalan karena masih terkendala bidang perizinan.

Kabid Perizinan, Badan Penanaman Modal-Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Provinsi Gorontalo, Sudarman Samad mengakui jika segala bentuk perizinan pembangunan pasar modern kewenangannya berada di kabupaten/kota.

Sedangkan di pemerintah provinsi, hanya berupa pengurusan analisis dampak lingkungan atau Amdal. Disisi lain, Kabid Lingkungan,

Badan Lingkungan Hidup dan Riset Daerah (BLH-RD) Provinsi Gorontalo, Ivone Larekeng, mengakui bahwa sebelumnya pihaknya melalui Komisi Amdal telah menyurat ke Pemkot Gorontalo untuk menghentikan sementara kegiatan pembangunan Transmart-Carefour sebelum kajian dokumen Amdal selesai.

Laman: 1 2


Komentar