Kamis, 22 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ditinggal Tarawih, Rumah di Lalap Api

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Jumat, 16 Juni 2017 | 14:42 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id BOALEMO – Kebakaran kembali terjadi di wilayah Kabupaten Boalemo. Adalah rumah milik rumah Rahman Koja (65) di Desa Tabongo, Dulupi, Boalemo dilalap si jago merah saat ditinggal shalat tarwih, Rabu (14/6) malam.

Insiden kebakaran tersebut diperkirakan sekitar pukul 20.00 Wita saat masyarakat sedang melaksanakan ibadah shalat tarwih di masjid.

Demikian dengan pemilik rumah sedang melaksanakan salat tarawih berjamaah. Diduga api keluar dari bagian dapur rumah dengan disertai kepulan asap, perlahan api mulai membesar hingga membakar isi rumah milik Rahman Koja.

Warga sekitar yang menyaksikan api semakin membesar, membantu untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya berupa menimba air dengan ember untuk memadamkan api.

BACA  Terduga Pelaku Pencuri Sepeda Motor di Isimu Berhasil Dibekuk

Upaya yang dilakukan nyaris gagal, namun jumlah warga yang banyak bergotong royong memadamkan api, akhirnya berhasil padam sekitar satu jam kemudian.

Meski demikian, peralatan rumah seperti kursi plastik, perabotan, pakaian dan alat dapur ludes terbakar. Apalagi kondisi rumah beratapkan daun rumbia dan dinding dari anyaman bambu mudah terbakar.

Askari Sukma Wijaya, tokoh masyarakat setempat kepada Gorontalo Post mengatakan, kebakaran diduga akibat percikan api yang berada di tungku dapur rumah sehingga mengenai dinding rumah yang terbuat dari anyaman bambu.

“Kalau arus pendek tidak mungkin, karena rumah korban (Rahman Koja,red) tidak ada listrik sehingga kesimpulan sementara akibat percikan api dari dapur rumah,” ungkapnya.

BACA  Tak Terima Hasil Pleno, Pendukung Nelson-Hendra Kepung Bawaslu

Ditambahkan Askari, akibat kebakaran maka korban mengalami kerugian mencapai belasan juta, “Upaya yang kami lakukan saat ini berupa mengumpulkan uang melalui media sosial untuk membantu korban kebakaran, sebab korban tercatat sebagai warga miskin yang ada di desa ini, dengan kondisi rumah yang masih memprihatinkan.

Uang yang kita kumpulkan melalui media sosial akan kita belikan bahan-bahan berupa kayu, atap rumah, dinding dan pembayaran tukan untuk kita serahkan kepada korban, minimal bisa mengurangi beban dan musibah yang dialami,” katanya.

BACA  Polisi Musnahkan Bahan Baku dan Miras di Bone Bolango

Selain itu, Dinas Sosial sudah memberikan bantuan seperti pakaian dan bantuan dan makanan kepada korban bersama istrinya Sahrani Adam (60).

“Kami berharap kepada masyarakat lainnya agar bisa memberikan bantuan kepada korban, sebab uang yang terkumpulkan dari sumbangan masyarakat saat ini baru sekitar 1 juta, sehingga masih perlu tambahan,” ungkapnya.

Kadis Sosial Kabupaten Boalemo Syarifudin Lamusu dikonfirmasi membenarkan insiden kebakaran tersebut, bahkan pihaknya sudah mendatangi korban dan menyerahkan bantuan ala kadarnya unutuk menanggulangi kebutuhan darurat.

“Jadi sudah diserahkan bantuan ala kadarnya kepada korban kebakaran tersebut,” ungkapnya.(tr-30/hargo)


Komentar