Sunday, 19 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



DKP Gorontalo Utara Gagas Asuransi untuk Nelayan

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Sunday, 12 September 2021 | 04:05 AM Tags: , ,
  Ilustrasi. DKP Gorontalo Utara gagas asuransi untuk nelayan. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Ada yang menarik dari gagasan yang dilontarkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gorontalo Utara (Gorut). Yakni, pada 2022 mendatang digagas asuransi bagi nelayan.

Ini diungkapkan Kepala DKP Gorontalo Utara, Isjrak saat ditemui di kantornya, Kamis (09/09/2021) pekan lalu. Menurutnya, ini gagasan untuk memberi jaminan kepada para nelayan di Gorontalo Utara. Hanya saja, rencana program tersebut tergantung nantinya pada anggaran yang saat ini masih berproses. 

“Kita di dinas punya rencana program untuk 2022 mendatang yakni mengasuransikan nelayan. Mudah-mudahan anggarannya ada,” ungkap Isjrak.

Langkah itu diambil mengingat setiap pekerjaan punya resiko, termasuk nelayan. MIsalnya, banyak terjadi kecelakaan pada saat nelayan turun melaut, bahkan sampai nyawa melayang. Untuk itu, terhadap resiko pekerjaan tersebut tentu juga harus diperhitungkan dan pihak DKP rencananya akan memprogramkan asuransi nelayan yang untuk 2022 rencananya mengcover sekitar 1,500 nelayan. 

“Itu angka yang kami rencanakan. Namun kita akan lihat kedepan apakah anggaran tersebut disetujui atau bagaimana belum dapat diketahui saat ini,” jelasnya.

Masih pada kesempatan yang sama, Isjrak menegaskan bahwa asuransi ini bagi nelayan yang menggunakan perahu di bawah 10 GT. Terhadap mekanismenya seperti apa nantinya, itu masih dalam perencanaan. Namun untuk dasar pelaksanaan program itu pasti ada regulasinya yang menjadi acuan. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 9 times, 1 visits today)

Komentar